Beranda DAERAH Instruksi Kapolri : Padang Panjang Canangkan Nagari Tageh Rumah Gadang

Instruksi Kapolri : Padang Panjang Canangkan Nagari Tageh Rumah Gadang

BERBAGI

LAPORAN – Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Faduko Malano selaku Inspektur Apel Pencanangan Nagari Tageh Rumah Gadang Padang Panjang sebagai turunan program Kampung Tangguh Nusantara menerima laporan dari perwira acara, sebelum acara pencanangan, Kamis (18/6) di Mapolres Padang Panjang.

Padang Panjang, Kabarpolisi.com- Polres dan Pemko Padang Panjang mencanangkan Program Nagari Tageh Rumah Gadang sebagai pilot projek penerapan new normal dan penanganan Covid -19 di Kota Serambi Mekkah, Kamis (18/6).

Pencanangan program ini ditandai dengan Apel Bersama Pengawasan Protokol Covid-19 dan Rapat Koordinasi Pencanangan Nagari Tageh Rumah Gadang Kota Padang Panjang, di Aula Endra Dharmalaksana Polres Padang Panjang.

Kegiatan dipimpin lansung oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran,BBA disaksikan Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, SIK, Dandim Tanah Datar diwakili oleh Pabung Mayor Inf. Supadi AS, Dan Secata B Padang Panjang diwakili oleh Wadan Secata B Mayor Inf. Indra Yelly, Kaden B Pelopor Sat Brimob Kompol Subagiyo,SH.MH, Para forkopinca Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar, Para Kepala OPD dan Para PJU Polres Padang Panjang.

Apel kemudian dilanjutkan dengan pemasangan Ban lengan pengawasan Covid -19 kepada Perwakilan anggota TNI dan Polri.

Apel dan rapat dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yakni tetap menjaga jarak antara pimpinan rapat dan antara peserta rapat.

Program Nagari Tageh Rumah Gadang adalah turunan dari program Kapolri dalam penanganan Covid -19 yang berjuluk Kampung Tangguh Nusantara.

Menurut Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, SIK, melalui Kasubag Humas Polres Padang Panjang AKP Wizrawati,SH,MH ada sejumlah cluster yang masuk dalam program unggulan Polres Padang Panjang ini yakni Pasar Padang Panjang, Sekolah dan kampus, Mesjid, Kelurahan Bukit Surungan, Nagari ( Batipuh Nagari Andaleh, Batipuh Selatan Nagari Batutaba dan X Koto Nagari Pandai Sikek).

BACA JUGA  Polda dan Bhayangkari Sumbar Bantu Korban Bencana Sulbar dan Kalsel

Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dalam sambutannya mengatakan, arti dari pengawasan protokol Covid yang diistilahkan dalam pencanangan Nagari Tageh Rumah Gadang, merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah bersama TNI-POLRI dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Padang Panjang.

“Mudah – mudahan dengan melakukan pengawasan protokol Covid-19 ini kita sama – sama bisa menjaga bagaimana di tengah – tengah masyarakat tidak lagi mengenyampingkan bahaya/dampak dari virus Covid-19,” ucapnya.

Selain kesadaran dan disiplin diri sendiri dari masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, walikota juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak termakan berita – berita menyesatkan (hoax) dan teori konspirasi terhadap wabah Covid-19 ini.

Walikota mengajak semua pihak, untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan senantiasa mensosialisasikan bahaya serta pentingnya melakukan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

Sementara itu Kapolres Padang Panjang, AKBP, Apri Wibowo, S.IK dalam pemaparannya mengatakan, Nagari Tageh Rumah Gadang Kota Padang Panjang, menitikberatkan peran serta aktif elemen masyarakat, baik personal maupun kelompok dari stakeholder secara intens dan terfokus.

“Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dalam batas waktu yang sudah ditentukan serta membangkitkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada menghadapi penyebaran Covid-19 di Kota Padang Panjang,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo,SIK menambahkan bahwa program Nagari Tageh Rumah Gadang ini merupakan gerakan bersama seluruh elemen di Padang Panjang untuk memutus mata rantai Covid -19, membangkitkan kesadaran dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada, membangun solidaritas sesama warga dimasa pandemi ini, meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19 serta melakukan sosialisasi kepada usia produktif untuk kembali melakukan usaha agar selalu mematuhi protokoler Covid -19.

BACA JUGA  Bahar, Anak Buah H Permata, Meninggal di Jambi

Kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pencanangan Nagari Tageh Rumah Gadang Kota Padang Panjang dipimpin Waka Polres Kompol Hamidi, SH dan paparan Kabag Ops Kompol Rudi Munanda,SH.MH tentang apa itu program Nagari Tageh Rumah Gadang dan kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab.

(awe)