BERBAGI

BATUSANGKAR, kabarpolisi.com – Dalam rangka menjalin silaturahim, Rombongan Biro Sumbar Kabarpolisi media group Rizal Basri dan Saydina Hamzah, berkunjung ke Polres Tanah Datar di Pagaruyung,Sabtu (24/11/2018). Kapolres Tanah Datar AKBP H. Bayuaji Yudha Prajas SH menyambut hangat di ruang kerjanya di Polres Tanah Datar.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Tanah Datar mendapat 3 penghargaan berturut-turut karena sumbangsihnya terhadap hak-hak anak ini, bercerita panjang. Penghargaan tersebut antara lain dari Ketua Komnas Perlindungan Anak, dari MitraPol, serta dari Komnas anak yg diserahkan oleh Menteri P3A ibu Yohana Yembise minggu lalu di Jakarta, sebagai Kapolres Peduli Anak dan pemerhati anak.

Karena Polres Tanah Datar ini juga telah berupaya untuk menyediakan bus sekolah gratis bagi anak-anak sekolah. Program bus sekolah Polres Tanah Datar ini bisa memberikan banyak manfaat, diantaranya :
1. Meringankan biaya transportasi,
2. Melatih di siplin anak,
3. Menekan angka kecelakaan pelajar di jalan raya,
4. Mencegah tawuran sesama pelajar,
5. Serta memberikan himbauan dan rasa aman terhadap para pelajar yang menggunakan bus sekolah tersebut.

Kapolres juga berharap peran serta dari pemerintah daerah, untuk mengadakan bus sekolah yang sangat dibutuhkan untuk para pelajar. Polres Tanah Datar saat ini hanya bisa menyediakan tiga armadanya yang di sulap jadi bus sekolah.

Program lain adalah Jum’at Sedekah. Program giat ini sudah di mulai sejak awal tahun 2018. Acara ini berupa bantuan sembako kepada fakir miskin, kaum dhuafa, lansia dan bantuan tunai untuk anak yatim. Jum’at Sedekah juga memberikan bantuan berupa seperangkat peralatan tidur bagi lansia yang hidup dirumah tidak layak huni.

Kapolres mengatakan Tujuan Jum’at Sedekah adalah berbagi dengan orang yang kurang beruntung, dengan cara memberikan sumbangan ikhlas dari anggota jajaran Polres untuk nanti disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkannya.

“Dalam giat Jum’at sedekah saya selalu sampaikan kepada anggota untuk selalu bersedekah sebagai ladang amal, mengejar dunia untuk bekal akhirat, yang terpenting ikhlas dalam melaksanakannya, “katanya mantap.

Dan nantinya sumbangan yang terkumpul disalurkan kepada yang membutuhkannya, seperti bila ada anggota atau keluarganya yang sakit, untuk fakir miskin, lansia, anak yatim serta kaum dhuafa. (May)