BERBAGI

JAYAPURA, kabarpolisi.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Pol Drs. Idham Azis, M.Si, bersama Panglima Tentara Nasional Indonesia, Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P, menghadiri upacara penyerahan dan pelepasan jenazah empat prajurit TNI AD yang gugur dalam kecelakaan Helikopter Mi-17 di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, pada tanggal 28 Juni 2019 lalu.

Kehadiran Panglima TNI adalah guna memberikan penganugerahan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB), seperti tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/188/II/2020. Hal ini juga merupakan penghargaan dan kepedulian serta rasa empati atas gugurnya 12 prajurit TNI saat menjalankan tugas demi bangsa dan negara dalam musibah tersebut.

Dikesempatan itu pula, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis secara simbolis menyerahkan santunan kepada perwakilan keluarga korban.

Pelepasan empat jenazah korban kecelakaan Helikopter Mi-17 itu dilakukan dengan upacara militer yang dipimpin Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab sebagai inspektur upacara, bertempat di Base Ops Lanud Silas Papare, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (18/2/2020).

Keempat jenazah ini, yakni Sertu Anumerta Ikrar Setya Nainggolan yang akan diberangkatkan ke Sorong, Praka Anumerta Risno diberangkatkan ke Kendari, Praka Anumerta Yanuarius Loe diberangkatkan ke Kupang, dan Pratu Anumerta Sujono Kaimuddin diberangkatkan ke Ambon.

Dikabarkan juga, sehari sebelumnya di tempat yang sama, Senin 17 Februari 2020 telah dilepas delapan prajurit TNI dengan upacara militer oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III) Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M ke daerah masing-masing untuk dimakamkan.

Tujuh jenazah yang diberangkatkan tujuan Semarang, Jawa Tengah terdiri dari Mayor CPN Anumerta Aris Afik Novian (Pilot), Mayor CPN Bambang Saputra (Flight Engineer), Kapten CPN Anumerta Ahwar Affandi (Co-Pilot), Serma Anumerta Suriatna Wijaya Kusuma (TI), Sertu Anumerta Dita Ilham Primojati (Avionic), dan Kopda Anumerta Dwi Purnomo (Mekanik), Praka Anumerta Asharul Mashudi (Mekanik).

BACA JUGA  Diduga Menunggak Cicilan Kredit, Pengemudi Taksi Online Tewas Gantung Diri

Sedangkan satu prajurit TNI tujuan Surabaya, Jawa Timur, atas nama Pratu Anumerta Tegar Hadi Sentana (anggota Batalyon Infanteri 725/WRG).

Ungkapan belasungkawa datang dari Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw. “Kami berharap keluarga diberikan kekuatan menerima cobaan ini”, ujar Waterpauw.

Turut berduka cita juga disampaikan keluarga besar Kodam XVII/Cenderawasih atas gugurnya prajurit TNI dalam kecelakaan Heli MI 17 di wilayah Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. “Semoga pengabdian, perjuangan dan amal ibadah almarhum diterima Tuhan Yang Maha”. Ungkap Mayjen TNI Herman Asaribab. (Handry).