BERBAGI

SABANG, Kabarpolisi.com – Wakil Presiden RI,  Muhammad Jusuf Kalla resmi membuka perhelatan Sail Sabang 2017, Sabtu (2/12/2017) di pelabuhan CT-3 BPKS Sabang.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan rapai oleh JK didampingi Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Menteri Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, dan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf.

Dalam sambutannya, JK menyampaikan ada dua hal yang menarik berlangsungnya Sail ke-9 setelah Sail Karimata yang digelar di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pada 2016 lalu, yaitu Sabang telah memiliki infrastruktur pelabuhan yang bagus serta memiliki lokasi aman.

“Sabang ini sudah siap infrastruktur nya sebagai pelabuhan dan cuaca bagaimana pun pelabuhannya aman bagi kapal apa pun,” kata JK mengawali sambutannya.

JK menyebutkan, dirinya merasa gembira karena bisa kembali hadir ke Sabang setelah 17 tahun lalu. Pada tahun 2000 lalu dirinya bersama mantan presiden Gus Dur meresmikan pelabuhan Sabang sebagai kawasan zona ekonomi.

“Waktu itu saya masih menjabat sebagai menteri perdagangan. Jadi waktu itu saya membuat konsep bagaimana pelabuhan Sabang kita jalankan sebagai kawasan ekonomi khusus. Semua itu kita rencanakan untuk kelancaran ekonomi,” katanya.

Disamping itu, JK menyarankan, sebagai daerah yang memiliki otonomi khusus maka Aceh harus dihargai dengan memberikan peluang bagi pemerintah setempat untuk mengelola sendiri perekonomian nya.

Kegiatan puncak Sail Sabang, berlangsung dibawah guyuran hujan serta angin kencang sejak pagi tadi, selain itu sebanyak 350 penari kolosal turut memeriahkan acara. Pantau Okezone mereka tetap tampil di depan para tamu undangan meski diguyur hujan.

Selain itu, JK juga turut mengalungkan bunga kepada para pemilik kapal Yacth yang telah berlabuh di pelabuhan Sabang.(Nafi)

BACA JUGA  Polres Payakumbuh Ungkap 11 Kasus Narkoba Pada, Operasi Antik Singgalang 2020