BERBAGI

KOTA AGUNG, kabarpolisi.com – Tekab 308 Polres Tanggamus dibackup Resmob Polda Lampung dan Polres Lampung Barat berhasil membekuk 2 tersangka pelaku perampokan dan penembakan terhadap warga Pekon Sinar Banten, Kecamatan Ulubelu, Tanggamus, Selasa, 20 Agustus 2019.

Kedua tersangka berinisial D (27) warga Pekon Sinar Banten Kecamatan Ulubelu dan N (40) warga Desa Sumbersari, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat.

Kedua pelaku dilumpuhkan oleh petugas karena berusaha melawan saat dilakukan pengembangan. Petugas kepolisian juga berhasil mengumpulkan sejumlah barang bukti dari penangkapan kedua pelaku ini.

Dari para tersangka ditemukan barang bukti 4 bilah senjata tajam jenis golok, 4 unit sepeda motor, 2 pasang sepatu bot, 2 unit Handphone, 5 unit senter, 4 topi pet, 3 topi model penutup wajah, 3 obeng, uang tunai sejumlah Rp4,6 juta dan pakaian yang digunakan para pelaku.

Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas didampingi Kapolsek Pulau Panggung Iptu Ramon Zamora menjelaskan, penangkapan ini berdasarkan serangkaian penyelidikan dan petunjuk yang ada.

“Tersangka D kami tangkap di Sinarbanten, Ulubelu dan N di Simpangsari, Sumberjaya, Lambar,” kata Kasat mendampingi Plh. Kapolres Tanggamus AKBP Joko Bintoro.

Menurut pengakuan dari para tersangka, D berperan sebagai pemberi informasi dan menggambarkan situasi rumah korban. Sedangkan N merupakan aktor utama yang bersama rekan-rekannya melakukan perampokan di kediaman korban Supriadi.

“D mengaku mendapatkan bagian uang tunai Rp3 juta dan N mendapat Rp25 juta,” ujarnya.

Sebagian uang hasil kejahatan itu dibelikan handphone oleh D senilai Rp1 juta. Untuk N sendiri telah menggunakan uangnya untuk membeli tanah pekarangan dan motor.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dapat dijerat pasal 365 ayat 2 KUHPidana dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara.(red)