Beranda DAERAH Kompolnas Apresiasi Polda Sumbar Padukan Budaya Minang dengan Pakaian Dinas

Kompolnas Apresiasi Polda Sumbar Padukan Budaya Minang dengan Pakaian Dinas

BERBAGI

PADANG – Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti memuji Polda Sumbar di bawah kepimpinan Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH lantaran dapat memadukan Budaya Minangkabau dalam pakaian kedinasan.

Poengky menyaksikan sendiri saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke Mapolda Sumbar, para tamu yang hadir dalam acara tersebut memakai simbol adat Minangkabau, seperti Deta dan Tingkuluak.

Deta, merupakan penutup kepala yang biasa digunakan bagi kaum laki-laki di Minangkabau. Sedangkan Tingkuluak adalah penutup kepala perempuan yang menyerupai tanduk sebagai ciri khas budaya Minangkabau.

“Saya senang sekali. Belum pernah selama berkunjung ke Polda melihat adat istiadat digunakan dan dipakai dalam kehidupan atau acara official resmi Polda. Baru kali ini saya lihat,” kata Poengky didampingi Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto dan Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol K. Rahmadi, Kamis (17/12).

Menurutnya, langkah yang dilakukan oleh Polda Sumbar ini sangat bagus dan dapat dicontoh oleh Polda lainnya di Indonesia. Dengan perpaduan budaya ini, menunjukkan bahwa Polisi sangat menghargai budaya di tengah masyarakat.

Dia mencontohkan, perpaduan budaya ini hanya ditemukannya di New Zealand. Di mana budaya suku Maori diadopsi oleh kepolisian dan pemerintah setempat untuk bisa masuk dalam kehidupan.

“Kita bisa menunjukkan bahwa Polisi juga sangat menghargai budaya-budaya di masyarakat. Dan di sini (Polda Sumbar) saya melihat dengan menggunakan simbol-simbol atau aksesoris tradisional khas daerah, ini sangat menunjukkan bahwa Polisi sangat mencintai budaya masyarakat,” jelasnya.

Poengky berharap, perpaduan budaya ini juga dilakukan Polda Sumbar saat bersentuhan dengan masyarakat. Sehingga, perdamaian bisa dicapai lewat penghormatan budaya.

Kunjungan Kerja

Kompolnas RI, sejak Kamis (17/12) melakukan kunjungan kerja ke Polda Sumbar dipimpin Poengky Indarti, SH. LL.M, dengan anggota rombongan Ruri Roberto, SH. S.Ik. MTTA. MM, dan Asep Deri Firmansyah, SH. Kegiatan ini dalam rangka monitoring kegiatan Pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020.

BACA JUGA  Polres Mentawai Sita 1 Kg Ganja Kering Siap Edar

Kunjungan tim Kompolnas tersebut disambut oleh Wakpolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, S.Ik. M.Si, Irwasda Kombes Pol K. Rahmadi, MH dan Pejabat Utama Polda Sumbar, di ruang Jenderal Hoegeng lantai IV Mapolda Sumbar.

Dihadapan Kompolnas, Wakapolda menyampaikan pada 9 Desember 2020 telah dilakukan pengamanan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Walikota di 13 Kabupaten Kota dengan melibatkan kekuatan sebanyak 7.806 personel, terdiri dari personel BKO Polda sebanyak 1.234 dan personel Polres sebanyak 6.572.

Waka Polda menjelaskan, Pemungutan suara dilaksanakan di 12.548 TPS yang tersebar pada 179 Kecamatan, 1.158 Kelurahan/Desa/Nagari. Dari jumlah TPS tersebut terdapat 12.004 TPS Aman, 506 TPS Rawan, 27 TPS Sangat Rawan dan 18 TPS Khusus dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3.880.361 orang.

“Secara umum pelaksanaan pengamanan Pilkada pada tahap pemungutan dan penghitungan suara tahun 2020 di Provinsi Sumatera Barat terselenggara dengan aman, damai dan kondusif,” ujarnya.

Selain Pengamanan Pilkada, Polda Sumatera Barat juga meningkatkan pelayanan keluhan masyarakat melalui aplikasi E-Dumas, sebagai tindak lanjut dari program prioritas Kapolri program ke-7 tentang penguatan pengawasan yang sudah dilaunching sejak 1 Juli 2020.

Sampai saat ini jumlah pengaduan masyarakat yang masuk sebanyak 87, dengan rincian pengaduan yang selesai 83 dan masih dalam proses 4, adapun sumber pengaduan masyarakat ini berasal dari masyarakat, ormas, Komnas HAM dan Kompolnas.

Berikan Penghargaan kepada Polda Sumbar

Sementara itu, Ketua Tim Kompolnas RI, Poengky Indarti menyampaikan kebanggaannya kepada jajaran Polda Sumbar yang telah berhasil mengamankan Pilkada serentak di Sumatera Barat dan telah berlangsung dengan aman dan damai.

Atas prestasi itu, Kompolnas memberikan penghargaan kepada Kapolda Sumbar, sekaligus piagam penghargaan terkait inovasi pengaduan masyarakat berbasis elektronik (E-Dumas) yang digagas Polda Sumbar.

BACA JUGA  Satgas Yustisi Polres Barsel Gelar Patroli Prokes

(awe)