Beranda KABAR DAERAH Kuasa Hukum Gerinda Jamin Cs Keberatan Atas Putusan Demang Jekan Raya Palangka...

Kuasa Hukum Gerinda Jamin Cs Keberatan Atas Putusan Demang Jekan Raya Palangka Raya

BERBAGI

PALANGKA RAYA, Kabarpolisi.com – Kuasa Hukum Gerinda Jamin Cs Labih Bintih (penggugat) merasa keberatan atas keputusan Demang Kepala Adat Jekan Raya yang telah memenangkan Budhi D Laman (tergugat) dalam kasus sengketa tanah, Jalan Yos Sudarso II nomor 10 Kota Palangka Raya, Kalteng.

“Kami keberatan atas keputusan Demang Kepala Adat mengingat sudah ada keputusan dari Mahkamah Agung (MA) yang menolak gugatan saudara Bhudi D Laman, perkaranya sedang berproses,” kata Labih.

Labih menjelaskan, kewenangan Kepala Adat semestinya yang berkaitan dengan tanah adat juga

“Demang Jekan Raya tidak berwenang memutuskan sengketa tanah yang bukan statusnya tanah adat, apalagi ini sudah ada putusan dari MA pada hari Rabu 16 Juli 2014 lalu,” jelasnya.

Sebelumnya Bhudi D Laman (tergugat) memenangkan perkara tanah tersebut di Pengadilan Negeri Palangka Raya beberapa tahun lalu. Hal tersebut dibenarkan Kuasa Hukum Gerinda Jamin (penggugat).

Namun penggugat melakukan banding di Pengadilan Tinggi. Alhasil keputusan Pengadilan Negeri yang memenangkan tergugat ditolak.

“Karena tidak ada bukti yang menguatkan dalil Bhudi. Sebab bukti surst yang diajukan Bhudi hanya surat Keterangan menggarap yang diketahui oleh Ketua RW 36 Tanjung Nyaho. Keterangan ini dibuat sepihak bukan merupakan bukti kepemilikan atas tanah objek sengketa, sebaliknya Gerinda Jamin berupa Sertifikat Hak Milik,” ungkap Labih.

Kuasa Hukum Gerinda Jamin juga mempertanyakan kepada BPN Kota Palangka Raya tentang warkaf yang ada ditangan orang bukan pemiliknya.

“Kami mempertanyakan kepada BPN, kenapa warkaf bisa ada ditangan yang bukan pemiliknya, sedangkan pemilik yang sahnya saja tidak ada. Itukan sudah rahasia Negara, bisa itu dibuka atas permintaan Pengadilan,” sebutnya.

Dalam kasus ini, kuasa hukum Gerinda Jamin juga telah melaporkan Bhudi D Laman ke Ditreskrimum Polda Kalteng dengan dugaan penyerobotan tanah dan pengrusakan barak.

“Kami sudah melaporkan Bhudi D Laman ke Ditreskrimum Polda Kalteng dalam tindak pidana penyerobotan dan pengrusakan barak sebanyak empat pintu,” tegas labih.

Untuk diketahui, Pengadilan Negeri (PN) Palangka Raya dalam kasus sengketa tanah antara Gerinda Jamin Cs (penggugat) melawan Budhi D Laman (tergugat) menggelar sidang lapangan di Jalan Yos Sudarso II Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya, Jumat (8/2/2019) lalu.

Sidang dilapangan tersebut dihadiri oleh Pengadilan Negeri Palangka Raya, pihak penggugat, tergugat, BPN Kota Palangka Raya dan Ketua RT setempat.

Agenda sidang selanjutnya adalah mendengarkan keterangan saksi Penggugat pada Kamis (14/2/ 2019) mendatang.

(Parlin/Masroby)