Beranda DAERAH Masyarakat Minta Markas Polres Tapsel Pindah dari Kota Padangsidempuan

Masyarakat Minta Markas Polres Tapsel Pindah dari Kota Padangsidempuan

BERBAGI

PADANGSIDEMPUAN, kabarpolisi.com – Masyarakat Kota Padangsidempuan meminta  markas Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Tapanuli Selatan yang ada di Kota Padangsidempuan, segera dipindahkan ke wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan yaitu di Padang Lawas.

Permintaan masyarakat bukan tanpa sebab. Soalnya bangunan Polres Tapsel yang baru sudah dibangun oleh Pemda di Kabupaten Padang Lawas seluas 5 hektar, dengan menelan biaya 5,7 M dan saat ini bangunan tersebut sudah siap pakai.

Polres Tapanuli Selatan dibangun tahun 2014 dimana peletakan batu pertama dilakukan oleh kapolda Sumut saat itu,  Irjen Pol Eko Hadi dan sekarang sudah siap untuk di tempati.

Diketahui, Polres Tapanuli Selatan meliputi Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Padanglawas, dan Kabupaten Padanglawas Utara.

“Mestinya markas Polres Tapsel tidak ada di wilayah Kota Padangsidempuan, tapi di wilayah yang menjadi tempat operasionalnya yaitu di Padang Lawas dan setahu kami bangunan Polres sudah jadi. Sayang bangunan tersebut tidak dimanfaatkan,” kata Marwan Hanif Siregar tokoh masyarakat Padangsidempuan kepada Guntur Siregar wartawan kabarpolisi.com beberapa waktu lalu.

Menurut Marwan, Polres Kabupaten Tapanuli Selatan berada Kota Padangsidempuan karena dikunjungi oleh warga tiga kabupaten menyebabkan kemacetan di mana-mana di Kota Padangsidempuan

Yang lebih menyedihkan, tiga warga dari Kabupaten Tapsel, Kabupaten Padang Lawas, dan kabupaten Padang Lawas Utara  itu harus berjalan jauh menuju Kota Padang Sidempuan jika ada urusan dengan kepolisian Tapsel.

“Kasihan rakyat . Kami yakin Pak Kapolri pasti mendengar keluhan rakyat  di tiga kabupaten tersebut,” ujar Marwan Hanif.

Akibat markas Polres Tapsel tetap di Padangsidempuan, terjadi penyempitan badan jalan di depan markas Polres Tapsel acap menjadi penyebab kemacetan lalu lintas pada saat jam kerja.

Kondisi lalu-lintas semakin krodit karena sebagian gedung yang ada di sekitar Markas Polres Tapsel tidak punya tempat parkir representatif.

BACA JUGA  Kapolda Irjen Pol Nana Sudjana Tiba di Manado

Akibatnya, jalan yang seharusnya dilarang untuk parkir itu berubah menjadi tempat parkir. Di kiri dan kanan jalan di depan Polres Tapsel berubah menjadi tempat parkir.

“Polres Tapsel di Padang Lawas harus dekat dengan masyarakatnya agar bisa memberikan pelayanan yang baik. Kasihan warga dari Kabupaten Tapsel, Palas, dan Paluta harus datang ke Kota Padangsidempuan untuk minta dilayani Polri,” katanya.

Senada dengan Marwan, Kamaluddin Hasibuan, warga Kecamatan Sihapas Barumun, Kabupaten Padanglawas mengatakan, masyarakat terlalu jauh pergi ke Kota Padangsidempuan hanya untuk mendapatkan pelayanan dari polisi.

Ada contoh, Jumadi Harahap, salah seorang warga Kecamatan Sihapas Barumun, yang baru-baru ini harus ke markas Polres Tapsel di Kota Padangsidempuan untuk melaporkan penganiayaan yang dideritanya.

“Masyarakat yang sudah menderita, penderitaannya bertambah karena harus pergi ke Kota Padangsidempuan untuk meminta perlindungan dari Polres Tapsel,” kata Kamaluddin,” kata Kamaluddin Hasibuan.

Sejauh ini kabarpolisi.com belum dapat konfirmasi dari Humas Polda Sumatera Utara seputar Belum pindah nya Markas Polres Tapsel dari Kota Padangsidempuan dan kenapa markas Polres Tapsel di Padang Lawas tidak dimanfaatkan. ***