Beranda DAERAH Menpan RB Puji Kapolda Jawa Timur

Menpan RB Puji Kapolda Jawa Timur

BERBAGI

Menpan RB Asman Abnur (kanan) dan Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Machfud Arifin (Foto Detikcom)

SURABAYA, kabarpolisi.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menyebut sistem pelayanan di Kepolisian Daerah Jawa Timur bisa menjadi model bagi polda lain di Indonesia. Asman mengatakan kelebihan sistem pelayanan di polda itu karena Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mempunyai pemikiran dinamis.

Polda Jawa Timur melakukan beberapa perubahan demi pelayanan terhadap masyarakat. Terkesan, Menpan RB Asman Abnur berharap polda lain di Indonesia mencontoh Polda Jatim.

“Pak Kapolda (Irjen Pol Machfud Arifin) memiliki cara berpikir yang sangat dinamis, dan dapat dicontoh polda-polda lain” kata Menpan RB Asman Abnur di Mapolda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Jumat (6/10/2017).

Politikus PAN ini mengatakan, ada beberapa perubahan di Polda Jatim untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya gedung mapolda yang sebelumnya terkesan ‘menakutkan’, kini disebut Asman ibarat hotel

Sekarang orang tidak lagi merasa takut masuk ke polda,” ujarnya.

Saat kunjungan ke Mapolda Jatim, Asman juga diajak kelilingi oleh Kapolda Jatim untuk melihat pembangunan yang ada di komplek mapolda. Seperti pembangunan Masjid Nurul Huda yang terletak di depan sebelah selatan gedung utama Polda Jatim.

Asman pun terkesan dengan arsitektur tempat ibadah bagi umat muslim itu. Katanya, arsitekturnya tidak kalah dengan masjid lainnya. Bahkan Asman mengeluarkan smartphonenya untuk memotret ruangan masjid yang masih dalam proses pembangunan.

“Saya tukang bangun masjid, tentunya paham tentang model masjid,” ujarnya sambil menambahkan bahwa, dirinya juga membangun masjid di Batam, yang dilengkapi menara. Di menara tersebut juga ada lift nya, sehingga masyarakat bisa naik lift untuk melihat kota Batam dan negara Singapura.

Asman terus mengungkapkan kekagumannya terhadap pembangunan masjid di mapolda. Ia berharap, orang yang beribadah di masjid ini akan merasa nyaman, tenang dan tentunya membawa spirit yang tinggi kepada anggota polisi dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya.

“Adanya masjid itu untuk beribadah dan muara orang untuk menyempatkan waktunya di masjid ini untuk beribadah. Pahala pak kapolda akan terus mengalir, karena pembangunan masjid ini dari inovasi pak kapolda. Perlu tekad kuat untuk bisa membangun masjid, seperti pak Kapolda Jatim ini,” tutur Asman.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, program-program layanan publik, termasuk layanan berbasis IT, sesuai dengan atensi Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

“Demi terciptanya layanan publik yang prima,” sebut kapolda seperti dikutip Detikcom.

Editor Hasan Asy’ari