Beranda DAERAH Personil Polres Padang Panjang Teken Pernyataan Menolak Narkoba

Personil Polres Padang Panjang Teken Pernyataan Menolak Narkoba

BERBAGI

AKBP APRI WIBOWO,SIK

PADANG PANJANG – Menyikapi perintah Kapolri tentang larangan anggota Polri terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, sebanyak 228 personil Polres Padang Panjang, Polda Sumbar menekan surat pernyataan anti narkoba, Senin (1/3/2022).

Penandatanganan Surat pernyataan tersebut dilakukan secara individu personil dan diketahui oleh istri, suami dan orang tua personil yang masih bujang di depan atasan masing masing.

“Untuk personil di lingkungan Mapolres dilakukan dihadapan saya, Senin (1/4/2021). Sementara bagi personil polsek ditandatangani di depan para kapolseknya masing masing,” kata Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo,SIk kepada Kabarpolisi.com, diruangan kerjanya, Rabu (3/3/2021).

Menurut AKBP Apri Wibowo, penandatangan Surat pernyataan tidak mengkonsumsi dan tidak mengedarkan narkoba ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri kepada seluruh personil Polri untuk tidak terlibat dalam masalah narkoba baik mengkonsumsi atau mengedarkan.

“Sanksi atas pelanggaran perintah Bapak Kapolri adalah pemberhentian dan pemidanaan. Itu makanya di dalam surat pernyataan Personil harus diketahui istri, suami dan para orang tua, supaya ada yang mengontrol,” para Apri Wibowo.

AKP Witrizawati,SH,MH

Sementara itu Kasatres Narkoba Polres Padang Panjang AKP Witrizawati,SH,MH pada kesempatan terpisah kepada Kabarpolisi.com, menjelaskan dari total 228 personil Polres yang menandatangani komitmen bersama tentang penanganan narkoba tersebut, sebanyak 197 personil berasal dari Mapolres dan sisanya personil Polsek.

Menanggapi pertanyaan, hasil tes yang dilakukan terhadap personil Polres Padang Panjang sampai hari ini, AKP Wit, belum ada satupun yang terindikasi narkoba.

Sementara itu, berkaitan dengan perkembangan penanganan dan pengungkapan kasus narkoba di wilayah hukum Polres Padang Panjang pada tahun 2020 sebanyak 22 kasus dan keseluruhannya sudah P-21. Sementara jumlah penyelesaian kasus pada tahun yang sama sebanyak 27 kasus.

Dari 22 kasus narkoba tersebut, kata AKP Wit, melibatkan 32 tersangka, satu diantaranya perempuan. Jumlah barang bukti yang berhasil disita berupa sabu 20,29 gram, Ganja 62,87 gram dan Pil Ektasi 20,25 gram.

Sedangkan sampai Maret 2021, tambah AKP Wit, Satres Narkoba Polres Padang Panjang sudah berhasil mengungkap tiga kasus narkoba dengan tiga tersangka dengan jumlah barang bukti sabu sebanyak 17,33 gram.

Dari tiga kasus tersebut, salah satunya dengan jumlah barang bukti cukup besar yakni 16,97 gram yang sudah siap edar berupa 18 paket.

Satres Narkoba Polres Padang Panjang saat ini memiliki 10 personil, termasuk dengan Kasatnya, AKP Witrizawati,SH,MH. (*)

Awaluddin Awe