Beranda DAERAH Polres 50 Kota Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2021

Polres 50 Kota Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2021

BERBAGI

LIMAPULUH KOTA – Dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan. Polrea 50 Kota laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan 2021, bertempat di halaman Mako Polres 50 Kota, Senin (12/04/2022)

Bertindak sebagai pimpinan apel gabungan tersebut Waka Polres 50 Kota Kompol Russirwan, SH. Di ikuti oleh 2 Peleton gabungan Personil Polres 50 Kota, 1 Peleton Kodim 0306/50 Kota, 1 Peleton Personil BPBD, 1 Peleton Personil Dinas Perhubungan, serta 1 Pleton Anggota Pramuka Kec. Harau.

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut, Kajari Payakumbuh Suwarno,SH, Dandim O306/50 Kota yang mewakili, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Pati yang mewakili; Asisten I Kab Lima Puluh Kota Drs, Dedi Permana, Kadis Perhubungan Kab Lima Puluh Kota Delfis Azawar, dan Kabid penertipan Pol PP Lima Puluh Kota.

Dalam sambutannya Waka Polres 50 Kota menyampaikan Amanat dari Kapolres 50 Kota AKBP Trisno Eko Santoso, S.I.K. Pertama – tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas izin dan karunia serta rahmat dan nikmatNya kita dapat hadir melaksanakan Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan 2021 ini. Selanjutnya Shalawat dan salam mari pula kita Doa kan semoga disampaikan untuk Arwah junjungan kita Nabi Muhammad Saw.

Saudara para undangan peserta apel gabungan, bahwa lalu lintas dan angkutan jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integritas nasional sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan umum. Sebagai mana diamanatkan oleh Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, demikian juga lalu lintas dan angkutan jalan sebagai bagian dari sistem transportasi nasional harus dikembangkan potensi dan perannya. Untuk mewujudkan keamanan, keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi nasional.

Dalam rangka cipta kondisi menjelang Idul Fitri tahun 2021 serta ditengah Pandemi Covid-19, maka Polres 50 Kota beserta jajarannya melaksanakan operasi kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi ” Operasi Keselamatan 2021″, dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif disertai persuasif dan humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin. Masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan Prokes dimasa Pandemi Covid-19.

Operasi ini dilaksanakan selama 14 hari, terhitung dari tanggal 12 s/d 25 April 25 April 2021 di seluruh wilayah hukum Polres 50 Kota. Perlu kita ketahui bahwa data pelanggaran dan Laka Lantas Polres 50 Kota tahun 2020 telah terjadi sebanyak 73 kasus dengan korban meninggal dunia 11 orang, korban luka berat 3 orang, dan korban luka ringan 108 orang. Sedangkan kerugian material senilai Rp. 217.200.000,- dan Tilang sebanyak 3000 kasus. Hal ini disebabkan rendahnya disiplin berlalu lintas bagi pengendara kendaraan bermotor, yang disebabkan banyaknya kendaraan yang tidak laik jalan dan tidak dengan peruntukannya.

Operasi Keselamatan 2021 bertujuan sebagai berikut;
1. Untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalulintas di tengah – tengah Pandemi Covid-19
2. Terciptanya keamanan dan kelancaran berlalu lintas, oleh karena itu dimohon dukungan dari seluruh pihak dan Stakeholder terkait guna tercapainya tujuan dari operasi ini.

Sebelum mengakhiri Amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa perhatian untuk menjadi pedoman selama pelaksanaan operasi ini. Persiapkan secara optimal seluruh aspek penyelenggaraan operasi, hal tersebut bertujuan agar operasi dapat terselenggara dengan sukses, aman dan lancar

Demikian Amanat saya, semoga Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara dalam bingkai persatuan dan kedamaian, kata Kompol Russirwan, SH menutup Amanat Kapolres 50 Kota

Susunan acara apel gelar pasukan dimulai, saat komandan apel memasuki lapangan dan dilakukan penghormatan pasukan, laporan dari komandan apel dan pemeriksaan pasukan, pemasangan pita operasi, amanat dari pimpinan apel, pembacaan Do’a, laporan komandan apel, ditutup dengan penghormatan pasukan

Apel gelar pasukan selesai dilaksanakan pukul 09.30 Wib dengan mematuhi Prokes seperti memakai masker, selama kegiatan keadaan aman dan tertib (Tata Tanur)