BERBAGI

KAMPAR,Kabarpolisi.com, Maraknya penggunaan plat nomor kendaraan yang tidak sesuai dengan UU No.22 tahun 2009 tentang lalu lintas, Satlantas Polres Kampar Riau lakukan penertipan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Sesuai Pasal 280 ” Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan raya yang tidak dipasangi TNKB yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud Pasal 68(1) dipidana dengan kurungan penjara paling lama 2 bulan atau denda paling banyak ┬áRp. 500.000.”

Kasat Lantas Polres Kampar AKP Masud Ahmad.SIK kepada wartawan kabarpolisi.com menjelaskan, Banyak pengendara yang memodifikasi TNKB nya, seperti angka diubah supaya terbaca. jadi huruf atau angka diarahkan ke belakang sehingga terbaca nama, TNKB yang seharusnya huruf dirubah menyerupai huruf digital, ditempel stiker, menggunakan huruf miring,huruf timbul, diluar ukuran, dirubah warna serta ditutup mika,huruf angkanya sebagian ditebalkan, dihapus dengan cat supaya nomor asli tersamar sehingga sulit untuk dibaca.

Untuk menegakan ketentuan itu, Satuan Lalu Lintas Polres Kampar terus melakukan penindakan bagi pengendara yang melanggar ketentuan.

Masuud Ahmad menghimbau pengguna kendaraan di Kampar untuk mentaati peraturan dalam penggunaan TNKB, pihaknya akan menindak dengan tegas pengendara yang melanggar aturan lalu lintas ini.(Eman)