BERBAGI

Padang Panjang, Kabarpolisi.com – Polres Padang Panjang melakukan Panen Raya Padi dan Bawang yang masuk dalam program Ketahanan Pangan Nusantara di lahan sawah seluas 1,5 Hektar bersama kelompok Tani Simbaru, di Kelurahan Ekor Lubuk, Kamis, (9/7).

Kegiatan Panen Raya ini juga dilakukan secara serentak oleh jajaran juga Polri di seluruh Indonesia. Sementara pada panen raya di wilayah Polres Padang Panjang ini dihadiri Kapolda Sumbar yang diwakili Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto, SIK, Kapolres Padang Panjang, AKBP. Apri Wibowo, SIK, Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul, Forkopimda dan pejabat lainnya.

Kabid Humas Polda Sumbar  Stefanus Satake Bayu Setianto menyampaikan, bahwa program ketahanan pangan yang dilakukan Mabes Polri dan jajaran di seluruh Indonesia bertujuan membantu perekonomian petani dan masyarakat sekitar pada masa Pandemi Covid -19.

“Walaupun saat ini ada pandemi Covid-19, kita masih bisa melaksanakan aktivitas berkaitan dengan perekonomian, perekonomian tetap jalan,” katanya.

Ditegaskannya, program ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah.

“Paling tidak, kebutuhan dasar sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi dan nantinya dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat,” Paparnya.

Terkait tatanan hidup baru dimana masyarakat berdampingan dengan Covid-19, Stefanus menghimbau tetap melaksanakan aktivitas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo, SIK, mengatakan kegiatan Panen Raya dalam rangka Ketahanan Pangan Nusantara merupakan program Kepolisian Republik Indonesia.

Kapolres menyebutkan ada beberapa kegiatan Panen Raya yang dilaksanakan di lingkungan  Polres Padang Panjang. “Selain Padi, juga ada panen  bawang merah. Kegiatan ini juga mendukung program Pemerintah,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Walikota Padang Panjang Asrul mengapresiasi kegiatan dari Polres Padang Panjang itu. Menurutnya, kegiatan pertanian dengan keterlibatan unsur kepolisian maupun TNI secara tidak langsung telah menunjukkan adanya perlindungan kepada para Petani.

Disamping itu, Wawako Asrul mengimbau masyarakat khususnya petani, dapat mempertahankan lahan pertaniannya.” Kota Padang Panjang tidak begitu luas, kepada para petani mari pertahankan lahan pertanian dalam meningkatkan perekonomian  masyarakat kita,” ungkapnya.

Asrul berharap Kordinasi dengan TNI dan Polri bersama petani terus terjalin.

Selain melaksanakan panen raya, juga diserahkan Tali Asih kepada pemilik lahan dan bantuan sembako kepada masyarakat Kelurahan Ekor Lubuk oleh Kabid Humas Polda Sumbar.

Sementara itu, kegiatan panen raya secara virtual melalui fasilitas zoom meeting batal dilaksanakan dikarenakan tidak terkoneksi.

(awe/*)