BERBAGI

PAYAKUMBUH, kabarpolisi.com – Polres Payakumbuh gelar jumpa pers terkait penangkapan tersangka pencurian spesialis isi bagasi sepeda motor. Dalam keterangan persnya kepada wartawan Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK MH, di dampingi Waka Polres Kompol Arie Sulistyo Nugroho, S.I.K., M.H, dan Kabag Sumda Kompol Rusirwan SH, menerangkan telah berhasil mengungkap kasus pencurian spesialis isi bagasi sepeda motor. Sabtu malam (11/01)

Berkat kerja sama dan giatnya tim Resmob, akhirnya pelaku spesialis pencurian isi bagasi sepeda motor Weri Pratama (32) berhasil ditangkap di kediamannya Payobasung Pukul 00.11 Wib Jumat (10/1) malam.

Tak hanya memberi penjelasan, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK MH, juga menghadirkan dan lansung mewawancarai pelaku. Saat dilakukan reka ulang, bagaimana cara pencuri yang berinovasi ini melakukan aksinya.

Caranya sipencuri sangat simpel, hanya bermodal tas untuk penutup tangan, tersangka bisa membuka jok motor korban. Ini sudah ke 4 kali tersangka melakukan aksinya, hanya dalam rentang waktu 3 bulan lebih kurang. Tersangka sudah berhasil mengumpulkan uang puluhan juta Rupiah, ATM, dan hp,” kata Dony menjelaskan. 

Lebih detail lagi. Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK MH, didampingi tersangka, menjelaskan kepada media, jenis motor dan lokasi mana saja yang menjadi target pencurianya.

“Adapun jenis motor yang bisa di curi isi bagasinya, umumnya motor metik kecuali merek N-MAX, motor bebek hanya satu yang bisa di congkel jok nya, yaitunya motor supra. Target pelaku adalah pasar atau tempat keramaian, dan bisa dibilang tempat parkir pada umumnya bisa menjadi target pelaku.” kata Kapolres Sejuta inovasi itu menjelaskan. 

Lebih lanjut, kapolres berpesan kepada seluruh masyarakat, dimanapun berada, agar lebih bisa dan lebih memperhatikan keamanan maupun keselamatan. 

BACA JUGA  Anggota DPRD Sumbar Diamankan Piket Korem, Bawa Mobil dalam Keadaan Mabuk

“Untuk mencegah agar tidak ada lagi kasus, apapun itu modusnya, baik itu pencurian atau jenis kejahatan lainnya. Seperti yang berhasil kita ungkap sekaarang ini, merupakan kasus pencurian yang jarang kita sadari, kenapa demikian, hal yang sekiranya kita anggap aman, malah itu yang harus lebih kita perhatikan,” tutup Dony (TT)