Beranda DAERAH Polres Payakumbuh Raih Predikat WBK

Polres Payakumbuh Raih Predikat WBK

BERBAGI

PAYAKUMBUH – Polres Payakumbuh meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Predikat ZI WBK Polres Payakumbuh diserahkan secara simbolis oleh Wapres Ma’ruf Amin dan Menpan RB Tjahjo Kumolo kepada Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira melalui virtual, Senin (21/12/2020).

Pada acara apresiasi dan penganugerahan ZI WBK Tahun 2020 secara virtual ini, Kapolres Payakumbuh didampingi oleh Wakapolres Kompol Jerry Syahrim, Ketua Program Manajemen Perubahan Kompol Khairil Meidians, Ketua Program Penataan Tatalaksana IPDA Kevin Fahri, Ketua Program Penataan SDM Kompol Russirwan, Ketua Program Akuntabilitas Kinerja Kompol Zulman, Ketua Program Pengawasan IPTU Frannudin dan Ketua Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik AKP Luhur Fachri Utomo.

Polres Payakumbuh merupakan satu-satunya unit kerja di lingkungan Polda Sumatra Barat yang dinyatakan lolos meraih predikat ZI WBK. Sehingga aura kebahagiaan dirasakan oleh seluruh jajaran Polres Payakumbuh.

“Predikat ZI WBK ini diraih dengan berbagai upaya dan keseriusan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik Polres Payakumbuh, baik yang dilakukan oleh Kapolres lama AKBP Dony Setiawan dan saya selaku Kapolres yang baru,” kata AKBP Alex Prawira kepada rekan media, Senin (21/12/2020).

Lanjut Kapolres, dari keseluruhan Polres-polres di jajaran Polda Sumbar, hanya Polres Payakumbuh yang memiliki Pelayanan Terpadu Satu Atap yang memberikan layanan untuk SPKT, SIM dan SKCK secara terintegrasi dalam satu atap bangunan.

Menurut Alex Prawira, pencapaian predikat ZI WBK Polres Payakumbuh ini dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta inovasi Polres Payakumbuh dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik seperti Apps Android Polisiku, Command Center, Ruang Pelayanan Terpadu Satu Atap, SKCK & Sidik Jari Satu Atap, Pylon Sign, Front Office, Bezuk Online, Pengungkapan Kasus Berbasis IT, Ruang Bermain Anak, Ruang Ibu Menyusui, Toilet Berkebutuhan Khusus & Kaum Rentan, Transaksi Pembayaran Non Tunai harus terus berjalan secara konsisten.

BACA JUGA  Haji Permata Tertembak Mati, Bea Cukai Kepri Bertemu Forkopimda Karimun

Harapan nya, semakin mempermudah dan mempercepat pelayanan petugas kepolisian kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kapolres Payakumbuh ini juga menambahkan, jika mempertahankan predikat ZI WBK lebih susah, dibandingkan ketika bisa meraihnya.

“Sehingga saat ini yang fokus kami kerjakan adalah bagaimana caranya untuk terus mempertahankan predikat ZI WBK ini, serta berjuang meningkatkan predikat ZI Polres Payakumbuh menuju WBBM” katanya.

Tentu yang pertama dengan cara memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, yang kedua adalah mencegah dan tidak melakukan perbuatan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN),” pungkas AKBP Alex Prawira. (Red)