BERBAGI

Kapolres AKBP Junaidi Nur dan Komandan Kodim Sawahlunto mendampingi Walikota Sawahlunto Deri Asta saat akan menaiki mobil pemadam kebakaran, sebelum melaksanakan penyiraman disinfektan ke suluruh sudut kota, Selasa kemarin. (foto : ID)

Sawahlunto, Kabarpolisi.com – Dalam mendukung keselamatan masyarakat dari ancaman penyebaran virus corona (covid 19), Kepolisian  Resor Sawahlunto bekerjasama dengan Pemerintah Kota, TNI, Dinas dan instansi terkait, melakukan gerakan preventif penyemprotan desinfektan serentak secara massif diberbagai tempat, Selasa 30/3).  

Penyemprotan menggunakan dua unit mobil damkar dan alat semprot pikul itu dilakukan di tempat-tempat ruang publik seperti pusat keramaian di daerah strategis sebagian Kelurahan Pasar, Kelurahan Tanahlapang, sebagian wilayah Kecamatan Barangin, dan Kecamatan Talawi.

Kapolres Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur,SH,SIK kepada Kabarpolisi.com mengatakan, upaya yang dilakukan institusinya bekerjasama dengan Pemko, TNI, dan unsur lainnya itu sebagai tindaklanjut telegram Kapolri Jendral Idham Azis nomor ST/868/III/KEP./2020, Minggu (29/3), tentang antisipasi perkembangan pandemi virus corona atau atau coved 19.

“Tindakan preventif penyemprotan desinfektan ini sebagai tindaklanjut dari maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona. Saya himbau masyarakat untuk patuh dan taat mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan Pemerintah.” Ungkap Kapolres Junaidi Nur. 

Dikemukakannya, masyarakat diminta untuk tidak berkumpul-kumpul dan nongkrong diberbagai tempat, jika ditemukan akan dibubarkan aparat. Khusus bagi pedagang silahkan beraktifitas, namun selalu menyampaikan kepada pembeli atau pelanggan warung agar selalu menjaga jarak atau social distancing, gunakan  masker, cuci tangan, dan jangan kontak langsung dengan seseorang.

Kegiatan ini delakukan secara bersama-sama dan bersinergi satu sama lain untuk minimalisir penyebaran virus corona di Kota Sawahlunto, dengan menggunakan seluruh kendaraan dinas Polri sebagai pendukung dibantu dengan memanfaatkan kendaraan dinas lain seperi mobil pemadam kebakaran dan lainnya milik Pemkot Sawahlunto,
Secara nasional, Kapolri memerintahkan kepada seluruh Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dan Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) para Kapolres dan Kapolda seluruh Indonesia beserta seluruh jajaran fungsionalnya seperti Brimob, Sabhara dan Lantas melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan secara serentak pada Selasa kemarin (31/2).

BACA JUGA  Polres Tomohon Kerahkan Personil Tekan Kriminalitas

Wako Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi langkah ini sebagai bentuk tanggungjawab bersama untuk menyelamatkan jiwa masyarakat dari resiko penyebaran virus corona. Sebaran virus ini menurut Deri makin dekat dengan Sawahlunto, Sebab dari itu Pemko Sawahlunto harus banyak melakukan berbagai penanganan pencegahan dengan cara melakukan penyemprotan desinfektan secara sesuai instruksi Kapolri yang di ikuti juga oleh daerah lain secara nasional.

Dikatakan Deri Asta ada sekitar 30 m3 desinfektan yang disemprotkan untuk daerah jalan-jalan utama yang ramai di gunakan dan tempat-tempat pemukiman ramai yang dilewati. Prioritas adalah jalan umum, untuk daerah yang masuk ke perkampungan dan pemukiman atau perkantoran menggunakan semprot tabung pikul.

“Saya menghimbau bagi masyarakat yang masuk ke Sawahlunto berasal dari daerah merah corona akan kami periksa kesehatannya di posko-posko yang tersedia. Jika ditemukan yang dianggap rawan kami sarankan untuk melakukan isolasi mandiri atau karantina. Saya tegaskan, kami tidak menghambat orang masuk tapi membatasi, karena kami tidak ingin Sawahlunto masuk daerah zona merah positif corona.” tutur dia. (id)