Beranda DAERAH Polresta – BPN Sidoarjo Bentuk Satgas Anti Mafia Tanah

Polresta – BPN Sidoarjo Bentuk Satgas Anti Mafia Tanah

BERBAGI

SIDOARJO, kabarpolisi.com – Polresta Sidoarjo dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidoarjo membentuk Satuan Tugas (Satgas) Anti Mafia Tanah. Nota kesepakatan (MoU) tersebut bertujuan untuk mengatasi masalah sengketa tanah yang ada di wilayah Sidoarjo.

“Pembentukan satgas ini adalah menindaklanjuti ‘MoU’ yang sudah dilakukan Kapolda Jatim dengan BPN kanwil Jatim, Maret 2017 lalu,” tegas Kapolresta Sidoarjo Kombes Polisi Himawan Bayu Aji usai melakukan penandatanganan nota kesepakatan di Aula Hotel Sun City, Rabu, (16/08/2017).

Kapolresta Sidoarjo menerangkan bahwa satgas mafia tanah yang dibentuk ini bertujuan untuk penindakan bagi mafia tanah atas penyalahgunaan dari tanah atau masalah sengketa lahan yang ada di Sidoarjo.

Menurutnya, dalam sengketa tanah, modusnya bermacam antara lain, penyerobotan, sertifikat tanah palsu dan lain sebagainya

“Nantinya, kita akan bentuk tim kelompok kerja (Pokja) yakni antara Polri dan BPN untuk bekerja sama dalam mengatasi konflik tanah yang ada di Sidoarjo, ” tambah perwira Polisi dengan tiga melati di pundak tersebut.

Ada sekitar 20 bidang tanah milik Polri di Sidoarjo, imbuh Himawan, bentuknya bisa tanah milik Mabes Polri, Polda Jatim ataupun Polresta Sidoarjo sendiri.

“Intinya, Polresta mempersiapkan diri dahulu agar tertib secara administrasi baik dari internal dan eksternalnya, ”cetusnya.

Selain itu, harap mantan Kasubdit V Dittipideksus Bareskrim Polri ini akan mengkakulasi jumlah tanah milik Polri yang ada di Sidoarjo. ”Kita juga akan lakukan percepatan proses sertifikasi tanah milik Polri di Sidoarjo, dan mendeteksi antara lain berapa jumlahnya dan berapa luas bidangnya ” ungkapnya.

Kepala Kantor Wilayah BPN Kabupaten Sidoarjo, Dalu Agung Darmawan menyatakan, sengketa pertanahan di Sidoarjo semakin komplek bukan hanya masalah status saja.

“Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama yang intensif antara dua instansi pemerintah, dalam hal ini yakni BPN dengan Polri,” jelasnya. (Rizky)

BACA JUGA  Polisi Ungkap Sindikat Narkoba Jaringan Antar Provinsi