Beranda DAERAH Sambut Hari Bhayangkara, Polres Tomohon dan PMI Gelar Baksos

Sambut Hari Bhayangkara, Polres Tomohon dan PMI Gelar Baksos

BERBAGI

TOMOHON, kabarpolisi.com – Dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke-74 Tahun 2020, Kepolisian Resort Tomohon beserta jajaran menggelar sejumlah Bakti Sosial (Baksos). Diantaranya penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat, dan penyemprotan cairan diisinfektan sebagai wujud kepedulian Polri dalam implementasi hidup sehat untuk memutuskan mata rantai Covid- 19.

Dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Tomohon, Markas Kepolisian yang dipimpin Akbp Bambang A Gatot ini melakukan penyemprotan disinfektan di Mapolres hingga rumah-rumah ibadah yang berada di Kota Tomohon.

Menurutnya, kegiatan tersebut sekaligus mendorong terciptanya kesadaran warga akan pentingnya pola hidup bersih dengan tetap menerapkan social distancing dan physical distancing serta selalu menggunakan masker ketika keluar rumah sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Terlebih disaat menyongsong New Normal guna mencegah meluasnya virus Corona.

“Kegiatan ini dalam rangka persiapan New Normal dan juga merupakan bagian rangkaian hari Bhayangkara ke-74. Dikesempatan ini pula kami menyampaikan terimakasih atas peran aktif PMI Tomohon dalam upaya ikut mencegah penyebaran Covid- 19 khususnya di wilayah hukum Polres Tomohon,” ucap Kapolres melalui Kasat Sabhara Akp Edy Suryanto selaku koordinator giat.

Hal senada diungkapkan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Tomohon Syerly Adeline Sompotan yang menyatakan, PMI juga memiliki tugas bagaimana penyebaran Corona itu sebisa mungkin dapat diperlambat. “Kalau bisa kita dihilangkan, seperti harapan semua orang, kita punya tugas kemanusiaan dan kita bagian dari pada Gugus Tugas Covid pencegahan penyebaran ini,” ujarnya.

Wanita yang kerap disapa SAS dan juga adalah Wakil Walikota Tomohon ini menambahkan, fokus PMI yaitu akan membantu masyarakat dibidang mitigasi dan mencegah penularan. Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk mencegah atau minimal menghambat penularan. “Kami berharap kegiatan ini akan banyak diikuti oleh kelompok masyarakat lainnya. Kita juga himbau agar warga senantiasa menaati himbauan pemerintah. Selain itu, pola hidup bersih dengan mencuci tangan sesering mingkin, menjaga kebugaran tubuh dengan asupan nutrisi yang sehat dan rajin olahraga harus dilaksanakan,” pungkas Wawali.

BACA JUGA  Kapolda Kalteng Kunjungi Polsek Pematang Karau Bartim

Pada giat kemanusiaan yang digelar Rabu (17/6/2020), turut didampingi Waka Polres Kompol Deessy Bolang, Kepala Satuan Sabhara Akp Edy Suryanto, Kepala Satuan Lalulintas Iptu Hadi Siswanto serta beberapa personil Polres Tomohon.

Rangkaian hari Bhayangkara itupun, pada hari sebelumnya Selasa (16/6/2020) Kepolisian Resort Tomohon telah menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) di
44 Kelurahan dalam Kota Tomohon dan 39 desa meliputi Kecamatan Sonder, Kecamatan Tombariri dan Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa.

Penyaluran Bansos terhadap masyarakat terdampak Covid- 19 yang didukung oleh 63 personil Bhabinkamtibmas ini, berupa beras sebanyak 10 ton. “Walaupun bantuan ini tidak seberapa nilainya, akan tetapi dapat mengurangi beban hidup warga kurang mampu yang terkena dampak virus Corona ,” ungkap, Kepala Satuan Binmas Iptu Johny M Kreysen.

“Gerakan bakti sosial Polri Peduli COVID- 19 ini, sesuai arahan Kapolri. “Dimana Polri turun langsung membantu warga terutama di masa sulit saat pandemi. Kami berharap dengan bantuan ini dapat sedikit membantu dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya. (Handry).