Beranda DAERAH Satgas Pangan Polresta Pekanbaru Sidak Harga Daging di Pasar Tradisional

Satgas Pangan Polresta Pekanbaru Sidak Harga Daging di Pasar Tradisional

BERBAGI

PEKANBARU, kabarpolisi.com– Tim Satgas Pangan gabungan Polresta Pekanbaru melakukan sidak cek harga daging serta mengantisipasi adanya daging oplosan beredar di Pasar Tradisional Pekanbaru, Selasa, (20/06).

Operasi ini di pimpim lansung oleh Kasatbinmas Polresta Pekanbaru, AKP Sunarti. Tim lansung mengunjungi pasar Tradisonal Dupa Jalan Jendral Sudirman.

“Pengecekan dilakukan untuk memastikan stabilitas harga dan ketersediaan daging menjelang Idul Fitri, serta untuk menghindari  adanya daging oplosan. Dari hasil surve ke Pasar tersebut diketahui bahwa harga daging Segar Rp 120.000/kg. Sedangkan daging beku dengan harga Rp 90.000/kg,”terang Kasatbinmas.

Ditambahkan Sunarti untuk berhati – hati dalam memilih daging sapi. salah-salah  kita akan mendapat  daging sapi glonggongan dan campuran daging sapi dan babi. Daging sapi glonggongan berasal dari sapi yg sebelum disembelih diberi minum sebanyak-banyaknya sampai lemas.

Penyiksaan hewan seperti  itu,  bertujuan untuk menggenjot berat daging dengan air yg diglonggongkan ke hewan. Untuk itu daging glonggongan juga disebut dengan daging basah.

Sedangkan campuran daging sapi dan babi disebut dengan daging oplosan. “ Alhamdulillah sampai saat ini belum ada kami temukan baik daging oplosan maupun daging glonggongan di pasar tradisional Kota Pekanbaru”, tutur AKP Sunarti.

Berikut cara membedakan daging babi dengan daging segar, daging babi memiliki warna yg lebih pucat dari daging sapi. Warna daging babi mendekati warna daging ayam,selain itu serat daging sapi padat dan garis-garisnya terlihat jelas, sedangkan daging babi seratnya terlihat samar dan sangat renggang.

Daging sapi memiliki lemak yg lebih kaku dan berbentuk. Sedangkan babi memiliki lemak yg sangat basah serta sulit dilepas. Daging sapi memiliki aroma anyir sedangkan daging babi sangat khas.

“Jadilah pembeli yg bijak”,  tutup Sunarti.

Reno salah satu pedagang daging mennyebutkan sampai saat iji harga daging masih normal dan belum ada tanda-tanda kenaikan.(ari)