BERBAGI

PADANG, kabarpolisi.com – Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) memberikan penghargaan kepada sejumlah Perwira Menengah (Pamen) berprestasi di lingkungan jajaran Polda Sumbar pada acara pengantar tugas Kabid Humas Polda Sumbar, Kamis (7/11) di Mapolda Sumbar.

Tiga orang Pamen terpilih dan mendapatkan penghargaan dalam kategori Pemilihan Polisi Teladan Sebagai Penggerak Revolusi Mental dan Pelopor Tertib Sosial Di Ruang Publik Tingkat Pamen TA. 2019 Polda Sumbar.

Dalam penghargaan yang diberikan berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Nomor : KEP/297/IX/2019, tanggal 11 September 2019 dan ditandatangani oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Fakhrizal, M.Hum. tersebut, AKBP Dony Setiawan, S.Ik. MH, yang saat ini menjabat sebagai Kapolres Payakumbuh, terpilih menjadi peringkat I, sedangkan untuk Peringkat II diterima oleh Kompol Yusep Dwi Prasetya, S.Ik, MH, Kasubbagselek Dalpers Biro SDM Polda Sumbar, sementara untuk peringkat ke III diterima oleh AKBP Cepi Noval, S.Ik (Kapolres Pesisir Selatan) yang saat itu menjabat Kapolres Padang Panjang.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Drs. Damisnur. AM, S.H., M.M., didampingi Irwasda Polda Sumbar KBP Drs. Kasihan Rahmadi, S.H., M.H. dan Karo SDM Polda Sumbar KBP Hendra Wirawan S.H.,S.Ik.,M.H.

Selain penghargaan dari Kapolda Sumbar, dua Kapolres juga meraih penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dengan kategori Duta Polisi Peduli Anak.

Kedua Kapolres yaitu AKBP Dony Setiawan, S.Ik. MH yang saat itu menjabat Kapolres Solok Kota, dan AKBP Hendri Yahya, SE yang saat itu menjabat Kapolres Kepulauan Mentawai.

Dalam catatan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), disampaikan oleh Arist Merdeka Sirait, Ketua KPAI menilai bahwa sosok AKBP Dony Setiawan, SIK, MH, sejak menjabat Kapolres Solok Kota dan kini menjabat Kapolres Payakumbuh telah membuat berbagai gebrakan program termasuk program Polres Ramah Anak, menjadikan Polres tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, justru masyarakat bahkan anak-anak semakin gemar ke Polres, baik bermain atau hanya sekedar berkunjung.

Arist menambahkan, selain itu, Polres Solok Kota juga sudah lama menjalankan program peduli pendidikan dengan menyediakan 2 unit Angkutan Sekolah untuk menjemput dan mengantar anak-anak berangkat dan pulang sekolah. Program ini sangat membantu sekali dan sangat menginspirasi.

Kemudian banyak giat Polisi Sahabat Anak digaungkan baik melalui Bhabinkamtibmas maupun kegiatan Kapolres sendiri yang selalu merangkul anak sehingga Bapak Kapolres menjadi Idola bagi masyarakat, pelajar hingga anak-anak.

Kemudian , lanjut Arist, dalam penanganan kasus terhadap anak, AKBP Dony Setiawan, SIK, MH., selalu sigap dan tanggap dengan mengedepankan dan mencari solusi yang terbaik untuk anak, baik anak sebagai pelaku maupun anak sebagai korban.

“Penilaian KPAI sudah dilakukan sejak 1 Tahun yang lalu baik melalu Media Sosial, Media Massa hingga Laporan Perwakilan Komnas Perlindungan Anak Indonesia di Provinsi Sumbar“, ujar Arist Merdeka Sirait.

Dony mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan juga atas dasar upaya Polres Solok Kota dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dibuktikan dengan terwujudnya peningkatan kinerja, kualitas pelayanan publik dan kepercayaan masyarakat.

“Penghargaan ini adalah karya seluruh personel Polres Solok Kota. Saya hanya mewakili saja menerimanya. Saya bersyukur dan akan menjaga amanah ini sebaik-baiknya. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan, dedikasi dan pengorbanan seluruh personel Polres Solok Kota. Semoga akan lebih motivasi untuk terus berkarya memberikan pengabdian yang terbaik untuk masyarkat“, ujar Dony.(TT / HMS)