Beranda DAERAH Tinjau Check Point, Kapolres Kunjungi Petugas Dermaga Tuapejat

Tinjau Check Point, Kapolres Kunjungi Petugas Dermaga Tuapejat

BERBAGI

Mentawai, kabarpolisi.com – Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Mu’at kunjungi petugas yang lakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi penumpang KM. Gambolo yang baru datang dari pelabuhan Bungus, Padang, Jumat (19/02/2021).
KM. Gambolo berangkat pukul 20.00 WIB dari Padang sesuai dengan jadwal dan baru saja sandar di dermaga Tuapejat pada pukul 04.45 WIB.

Kapolres Kepulauan Mentawai laksanakan peninjauan pos pemeriksaan (check point) ini agar petugas bisa lebih disiplin melakukan pemeriksaan terhadap pelaku perjalanan yang datang ke Mentawai. Hal ini dalam bentuk upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Semua petugas tetap harus disiplin dan tidak boleh kendor semangatnya, karena kita berharap semua pelaku perjalanan yang masuk ke Mentawai harus bebas dari covid-19,” ujar Kapolres Mentawai.(19/02)

Terdapat 2 kelengkapan yang harus dimiliki oleh penumpang pelaku perjalanan yang datang ke Mentawai, yakni foto copy identitas (KTP/KK) dan surat keterangan negatif hasil swab test sesuai dengan Surat Edaran No. 360/559/BUP-2020, tentang wajib swab test bagi pelaku perjalanan yang datang ke Mentawai. Surat Edaran ini mulai diberlakukan sejak 18 November 2020, dan belum ada perubahannya sampai saat ini.
Bagi pelaku perjalanan yang datang ke Mentawai diwajibkan memiliki surat keterangan negatif hasil swab test.

Bagi penumpang yang turun dari kapal tapi tidak memiliki kelengkapan saat check point tersebut, diwajibkan untuk mengikuti swab test sesuai dengan aturan yang ada.

“memang tadi ditemukan satu orang penumpang yang tidak memiliki kelengkapan surat,” ungkap AKBP Mu’at menambahkan keterangannya.

“Seorang ibu-ibu, namun dia sudah kita data dan nanti jam 09.00 WIB akan kita swab test, jika tidak datang, akan kita jemput,” ulasnya dengan tegas.

“Pendisiplinan ini kita berlakukan sama terhadap petsonil kepolisian, TNI, wartawan dan lainnya,” tegasnya lagi.

Usai lakukan peninjauan check point, AKBP Mu’at menyempatkan diri untuk menyapa penumpang dan masyarakat yang berada di pelabuhan.(JJ)