BERBAGI

PELALAWAN, kabarpolisi.com – Polres Pelalawan melaksanakan Peringatan hari Sumpah Pemuda Ke-89 Tahun 2017 dengan tema ” Pemuda Indonesia Berani Bersatu ” yang digelar di halaman Mapolres Pelalawan, Senin pagi ( 30/10/2017).

Inspektur Upacara Wakapolres Pelalawan Kompol Jose Dc Fernandes. SIK. Sedangkan Kapolsek Bunut AKP M.Y. Lubis, SH sebagai Perwira Upacara. Kanit Regident Iptu Mulian Doni, SH selaku komandan upacara serta diikuti oleh seluruh personil Polres dan Polsek jajaran Polres Pelalawan.

Wakapolres Pelalawan dalam sambutannya menyampaikan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia Imam Nahrawi.

Adapun dalam sambutannya Menpora yang di sampaikan oleh Wakapolres adalah mengingatkan bahwa delapan puluh sembilan tahun yang lalu tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta.

“Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia ” ucap Wakapolres dalam sambutannya.

ke 71 pemuda peserta kongres tersebut memiliki latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda – beda akan tetapi fakta sejarah menunjukka bahwa sekat dan batasan-batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda indonesia untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia dan inilah yang kita sebut dengan ” Berani Bersatu ”

“Kita tentu patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda, sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka.” pungkas Wakapolres.

Masih dalam sambutannya, Wakapolres juga menyampaikan bahwa Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan : “jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air, tapi ini bukan tujuan akhir.”

Selanjutnya Wakapolres mengatakan bahwa pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api Sumpah Pemuda harus diambil dan terus dinyalakan.

Diakhir sambutannya, Wakapolres juga bepesan bahwa kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, yang juga harus dilawan adalah ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. Karena ego inilah yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa.

” Mari kita kukuhkan persatuan dan kesatuan Indonesia. STOP segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa, sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia ” pesan Wakapolres.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 di halaman Mapolres Pelalawan dapat berjalan dengan khidmat dan lancar.

Teuku Rio Wahid