Beranda DUNIA Polri Kerjasama dengan Polis Diraja Malaysia Jaga Perbatasan

Polri Kerjasama dengan Polis Diraja Malaysia Jaga Perbatasan

BERBAGI

Polri bekerja sama dengan PDRM (Dokumen Polairud)

JAKARTA, KABARPOLISI.COM – Polisi Perairan dan Udara (Polairud) bekerja sama dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) untuk menekan angka kejahatan transnasional. Penandatanganan MoU itu dilakukan di perbatasan laut Indonesia dengan Malaysia.

Pertemuan untuk kerja sama itu dinamai ‘Maritime Border Patrol Coordinating Group’ dan diadakan di Bay View City Hotel, Pulau Penang, Malaysia, pada 27-30 Maret 2017.

Berdasarkan informasi yang didapat detikcom, Senin (3/4/2017), kerja sama ini bertujuan menekan angka kejahatan lintas negara dengan melakukan patroli gabungan. Acara ini dihadiri oleh Kakorpolairud Irjen (Pol) Drs Chaerul Nur Alamsyah dan beberapa pejabat Pasukan Polis Marin PDRM.

“Hasil kegiatan MBPCG adalah kedua negara semakin meningkatkan patroli perairannya untuk memberantas transnational crime yang terjadi di perairan perbatasan dan memelihara keamanan dan ketertiban di perairan perbatasan,” ujar Pejabat PID Korpolairud Kompol Sherly Anggraini dalam keterangannya.

Dijelaskan, ada beberapa kejahatan transnasional yang menjadi perhatian. Di antaranya peredaran narkoba, penjualan manusia, imigran gelap, hingga penyelundupan barang.

Pasukan Polis Marin PDRM juga akan melakukan pertukaran informasi dengan Polairud Polri terkait dengan isu perbatasan di kedua negara. Selain pertukaran informasi, kedua negara menjalani latihan gabungan yang dinamai ‘Aman Malindo’.

“Information sharing, pertukaran informasi terkait isu-isu penting di perbatasan kedua negara. Dan pemberantasan kejahatan di perbatasan,” kata Sherly. (rizal)