Beranda KABAR DUNIA Bantuan Gempa dari Cina Ditolak Taiwan

Bantuan Gempa dari Cina Ditolak Taiwan

BERBAGI

Salah satu gedung yang runtuh akibat gempa di Taiwan, Rabu (7/2).[AP]

TAIPEI, kabarpolisi.com – Taiwan telah menolak tawaran dari Tiongkok untuk pengiriman sebuah tim penyelamat dalam rangka membantu mengatasi dampak akibat gempa yang melanda kota pesisir Hualien, Selasa (6/2) tengah malam lalu. Dewan Urusan Daratan Taiwan, Chiu Chui-cheng, mengaku menghargai tawaran bantuan itu, tapi menyatakan punya cukup sumber daya dan tenaga.

“Saat ini, kami memiliki cukup tenaga dan fasilitas dalam mendukung operasi penyelamatan,” kata Chiu, Kamis (8/2), sebagai wakil dewan yang mengurus kebijakan terkait daratan, sebutan untuk Tiongkok.

“Kami sangat menghargai tawaran mereka, tapi sejauh ini kami tidak membutuhkan bantuan mereka,” tambahnya.

Gempa berskala 6,4 magnitude yang mengguncang Hualien berdasarkan data terbaru, menewaskan setidaknya 10 orang dan melukai lebih dari 250 orang. Puluhan gempa susulan menghambat upaya penyelamatan oleh tim darurat yang menyisir bangunan runtuh untuk mencari korban selamat. Diperkirakan sekitar 58 orang masih hilang, serta jalan-jalan dan jembatan juga rusak.

Saat ditanyakan bahwa bantuan dari Tiongkok bisa menjadi upaya untuk memecah kebekuan dengan Beijing, Chiu mengatakan, “Pada dasarnya ini adalah bencana alam dan penyelamatan melibatkan upaya kemanusiaan. Mereka tidak seharusnya digunakan sebagai (jembatan) untuk koneksi politik.”

Dewan Urusan Daratan Taiwan selanjutnya mengeluarkan pernyataan bahwa Taiwan tidak membutuhkan bantuan eksternal untuk upaya penyelamatan.

Sebelumnya, Direktur Kantor Urusan Taiwan Dewan Negara Tiongkok, Zhang Zhijun, mengatakan Beijing ingin mengirimkan tim penyelamat ke Taiwan untuk membantu upaya bantuan sebagaimana rekan senegara dari kedua pihak adalah keluarga.

Kantor berita Tiongkok, Xinhua, menyatakan Zhang telah menerima detil situasi di lapangan lewat sambungan telepon dengan kepala Kabupaten Hualien, Fu Kun-Chi.

“Zhang menyampaikan simpati mendalam kepada semua korban dan salam tulus kepada rekan-rekan di Taiwan yang menderita, menyebut bahwa orang-orang dari daratan (Tiongkok) sangat prihatin atas gempa bumi dan turut bersimpati dengan rekan-rekan di Taiwan,” sebut Xinhua.

Tawaran bantuan Tiongkok juga disampaikan oleh mantan Menteri Perdagangan Tiongkok Chen Deming, yang merupakan presiden Asosiasi untuk Hubungan Lintas Selat Taiwan.

Sedangkan, Masyarakat Palang Merah Tiongkok juga menyatakan akan menyiapkan dana 1 juta yuan (Rp 2,1 miliar) untuk operasi penyelamatan, serta mengakuu siap mengirimkan tim penyelamat ke Taiwan. [SP,Today Online/Taiwan News/C-5]