BERBAGI

Ilustrasi Korea Utara (BBC World)

NYONGYANG,kabarpolisi.com – Liburan ke Korea Utara, traveler tentu harus berpikir dua kali jika ingin merekam video. Kalau ketahuan pihak berwajib, sanksinya bisa berupa hukuman mati!

Kejadian itu pun nyaris menimpa seorang traveler asal Inggris, Sam Chamberlain (18).

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (25/1/2018), hukuman mengerikan itu hampir saja diterima Sam setelah merekam kereta Korea Utara seperti diberitakan media The Sun.

Singkat cerita, Sam memang berwisata ke Korea Utara dengan menggunakan tur reguler yang disertai oleh pengawas berwajib. Namun ketika tengah menyeberang dari Korea Utara ke China, Sam mendapati sebuah kereta tak biasa dari arah berlawanan.

Penasaran, Sam pun mendokumentasikan kereta itu dengan kameranya. Aksi Sam itu memang luar biasa nekat, mengingat kereta itu dijaga oleh militer Korea Utara.

“Kelihatannya mereka seperti menyembunyikan sesuatu di kereta yang ditutupi oleh jerami,” ujar Sam.

Kereta yang direkam oleh Sam (Screenshoot The Sun)Kereta yang direkam oleh Sam (Screenshoot The Sun)

Namun usai merekam kereta misterius tersebut, petugas yang memandu tur Sam mendadak mengecek isi kamera. Untung saja, pihak petugas tidak mengecek seluruh isi video Sam dari awal hingga akhir. Jadilah Sam terhindar dari sanksi hukuman mati.

“Sangat menegangkan ketika kameraku dicek, karena saya telah merekam video tersebut. Untungnya pengawas tidak melihat video kereta yang saya pikir menyimpan muatan rahasia,” jelas Sam.

Diungkapkan oleh pakar Korea Utara dari Universitas Warwick, Catherine Jones, masih belum diketahui jelas apa isi dari kereta tersebut.

“Untuk saya, masih belum jelas apakah video itu melanggar hukum atau tidak, karena tidak diketahui juga apa isi dari kereta tersebut,” ujar Catherine seperti diberitakan media News Australia. ****