BERBAGI

Munich,kabarpolisi.com – Islam bukanlah sumber terorisme, kata Kanselir Jerman Angela Merkel. Karena itu Pemimpin Partai Kristen Demokratik (CDU) itu juga meminta negara-negara Islam untuk bergabung dalam perang melawan terorisme.

Pernyataan tersebut dilontarkan Merkel dalam gelaran Munich Security Conference di Munich, Jerman. Menurutnya, negara-negara Eropa tidak mampu mengatasi teror dari kaum radikal sendirian dan mendesak negara-negara dengan penduduk mayoritas Muslim untuk bergabung dalam upaya tersebut.

“Saya pikir, negara-negara itu, pertama dan terutama harus memberi kontribusi. Karena, hanya dengan cara demikian kita bisa meyakinkan orang-orang bahwa Islam bukan lah sumber terorisme, melainkan pemahaman yang salah terhadap Islam,” kata Merkel, seperti dilansir Independent, Senin (20/2/2017).

Wanita 62 tahun itu meminta pemuka agama Islam berbicara mengenai ajaran Islam yang damai serta menentang segala bentuk terorisme yang mengatasnamakan Islam.

“Kami sebagai non-Muslim tidak bisa melakukannya. Itu hanya bisa dilakukan oleh pemuka agama Islam,” kata Merkel.

Perempuan Kanselir Jerman pertama itu mempertahankan keputusannya untuk mengizinkan jutaan pengungsi masuk ke negaranya dalam dua tahun terakhir.

Dia menekankan betapa pentingnya bagi Jerman untuk menolong sesama yang membutuhkan perlindungan serta membantu mereka berintegrasi.

“Kita lebih kuat bersama-sama. Negara kita lebih kuat. Negara kita melakukan segala sesuatu untuk menjamin keamanan warganya di dalam kebebasan,” tutupnya. (bit)