BERBAGI

Kabarpolisi.com – Wanita umumnya memiliki perkiraan usia harapan hidup hingga 71 tahun, sementara pria hingga usia 67 tahun. Dijelaskan oleh dr. Arieska Ann Soenarto, SpJP, FIHA, pernah diteliti, mengenai jantung dan ditemukan bahwa sel perempuan lebih dapat bertahan lama dibandingkan laki-laki.

Perbedaan usia harapan hidup perempuan dan laki-laki bisa dikatakan cukup kompleks. Dr. dr. Yuda Taruna, Sp.S menambahkan, bila dibandingkan secara gender, aktivitas yang berisiko kematian banyak dilakukan oleh laki-laki.

“Selain itu, kebiasaan yang berisiko kematian juga banyak dilakukan laki-laki seperti merokok dan konsumsi alkohol,” kata dr. Yuda kepada VIVA.co.id.
Sementara secara hormonal, pada wanita ada estrogen yang bersifat protektif. Sedangkan testosteron pada laki-laki lebih berisiko menyebabkan kematian dini.

Buruknya, estrogen pada wanita seiring pertambahan usia bisa menurun. Sedangkan pria, ketika usia bertambah tua, kemungkinan kebiasaan buruk di masa muda bisa hilang.

Karena itulah, penyakit degeneratif lebih rentan terjadi pada perempuan. Seperti stroke, yang banyak menyerang laki-laki. Namun, dari tingkat keganasan justru banyak mengancam perempuan. (belviana)