Beranda GAYA HIDUP Hipstory; Tokoh Dunia Dalam Balutan Hipster

Hipstory; Tokoh Dunia Dalam Balutan Hipster

BERBAGI
Ilustrasi Che Guevara karya Amit Shimoni

kabarpolisi.com – Sejak tahun 2014, seorang seniman lukis asal Israel, Amit Shimoni, membuat serangkaian ilustrasi yang diberi tajuk: HIPSTORY – ikon pemimpin zaman kita yang dilihat sebagai hipsters modern. Karya ini dipicu saat Amit Shimoni sering mendapati dirinya memikirkan perbedaan antara para pemimpin terhebat di dunia, kepercayaan dan motivasi mereka, serta generasi sekarang yang berpusat pada diri sendiri.

Menurut Amit Shimoni, generasi ‘Y’ terus melihat mode dan gaya sebagai ekspresi diri mereka saat mengendalikan ideologi-ideologi besar. HIPSTORY ingin menarik kembali pemimpin besar dalam sejarah modern dan menempatkan mereka dalam waktu dan budaya yang berbeda yaitu kita saat ini.

Winston Churchill mengenakan tali leher yang berwarna ungu dan kerah t-shirt V dengan sebatang rokok terselip di belakang telinganya sebagai simbol semangat kelas pekerja Amerika. Churchill dengan tangannya yang bersedekap terlihat menantang di depan wajah bulldog-nya yang ikonik. Shimoni tidak terlalu mengejeknya, tapi tentu saja dia memprovokasi orang yang melihat karya ini.
JFK memiliki cincin di hidung dan telinga serta kumis dan jenggot Johnny Depp.
Gandhi tampak seperti hippie berkacamata dengan frame berkilauan mengingatkan kita pada John Lenon dan anggota The Beatles lainnya yang di masanya melakukan pencarian spiritual. India menjadi salah satu destinasi spiritual untuk mereka.
Che Guevara mungkin merupakan remix yang paling tepat dari keseluruhan karya Amit Shimoni. Ketika di awal tahun ’90-an lukisan potret terkenal Che Guevara karya Andy Warhol marak dicetak di atas kaos menjadikan sosok sosialis ini komoditi kapitalis yang siap akan dibeli, dijual, diiklankan, dan dipakai. Jadi di sini, dengan topi Adidas dan jenggotnya masih utuh, El Che terlihat seperti sosok yang lebih betah di rumah daripada menjadi seorang petualang.
Hillary Clinton lebih terlihat sporty dengan rambut setengah ungu dan rantai emas tebal.
Ratu elizabeth mengenakan karangan bunga di rambutnya, dan kalung yang dipersonalisasi mengeja kata ‘Queen’ (Ratu).
Seperti kita ketahui Martin luther king, jr. seorang orator pejuang hak warga kulit hitam Amerika, diilustrasikan dengan gambaran kekinian anak muda afro-america dengan mengenakan topi berslogan ‘mimpi besar’ dan jaket bermotif kamuflase.
Dalai lama mengenakan hoodie burgundy dan memakai kacamata yang funky.
Vladimir Lenin
Barack Obama
Albert Einstein
Vladimir Putin
Donald Trump

“Tidak mudah untuk menggambarkan semua pemimpin ini; Butuh waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan proyek ini. Harapan saya bahwa serial ini akan mendorong kami untuk merenungkan: kepada para pemimpin, masyarakat kita, dan diri kita sendiri.” ujar Shimoni

Bagi Amit Shimoni, HIPSTORY tidak bertujuan untuk mengkritik, tapi untuk memberi pencerahan baru tentang cara kita memikirkan diri kita dan sosok yang menginspirasi kita. (Erik Wirawan)