Beranda HISTORIA Kisah Sys Ns Pencipta Himne Demokrat dan Pendiri Partai NKRI

Kisah Sys Ns Pencipta Himne Demokrat dan Pendiri Partai NKRI

BERBAGI

Berita meninggalnya Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns. Soerio Soebagio, dikenal dengan Sys Ns hari ini meninggalkan duka mendalam bagi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo.

Terkait penyebab meninggalnya, Roy tak merinci, hanya mendengar Sys pernah memiliki riwayat penyakit jantung dan pernah dipasang ring.

Roy Suryo merasa kehilangan figur yang turut membidani lahirnya Partai Demokrat ini. Selain itu, menurut Roy, Sys Ns adalah satu satu pencipta himne Partai Demokrat.

“Ia bersama-sama dengan Pak SBY turut menciptakan himne partai saat itu,” kata Roy saat dihubungi Tirto, Selasa (23/1/2018). Menurut Roy, saat ini jenazah sudah diberangkatkan ke TPU Jeruk Purut, namun ia tak bisa mengantar ke peristirahatan terakhir.

Dari pengakuan Roy, meski Sys sudah tidak bergabung dalam kepengurusan Partai Demokrat. Namun secara pribadi, hubungannya masih akrab.

“Secara pribadi hubungan kami tetap baik-baik saja, almarhum terakhir-terakhir kan banyak membantu rekan-rekan lain mendirikan beberapa partai-partai baru,” jelas Roy.

Setelah meninggalkan Partai Demokrat, Sys Ns mendirikan partai baru, Partai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang akhirnya namanya diubah menjadi Partai Nusantara Kedaulatan Rakyat Indonesia.

Partai ini telah terdaftar di Departemen Hukum dan HAM tertanggal 18 Oktober 2006 setelah didirikan pada 18 Juli 2006. Namun partai tersebut tidak lulus verifikasi faktual untuk ikut dalam Pemilu 2009.

Selain itu, Roy mengaku terakhir bertemu dengan Sys saat deklarasi pilkada damai di Pilkada Jakarta yang diselenggarakan oleh KPU di Hotel Bidakara, Jakarta.

“Secara khusus saya dan almarhum sering bersenda gurau, terakhir ketemu cukup lama, sama-sama menjadi narasumber sebuah talkshow live di salah satu TV swasta di Bidakara,” ungkapnya.

“Semoga Almarhum Khusnul Khotimah,‎ semoga keluarga yg ditinggalkan tabah,” tambahnya.

Kabar meninggalnya Sys diterima redaksi Tirto dari pesan singkat yang dikirimkan istri almarhum Shanty Ns.

“Innalillahi wainnailaihi raji’uun.. Telah berpulang ke Rahmatullah Suami kami tercinta RMH Heroe Syswanto Ns( Sys Ns) pada hari Selasa, 23 Januari 2018 rumah duka: Jl. Kemang Timur Raya kompleks IIAPCO No. 16 Jakarta Selatan – 12730
Mohon doanya agar almarhum khusnul khotimah,” tulis Shanti.

Sys Ns lahir di Semarang, pada 18 Juli 1956. Awal kariernya di dunia hiburan ketika menjadi disc jokey. Ia pernah memperoleh penghargaan sebagai The Best of Disc Jockey of Indonesia pada 1975.

Selain dunia hiburan, Sys juga pernah berkecimpung di dunia politik. Ia adalah Anggota Badan Pekerja (PAH II) MPR-RI periode 1999-2000 dan Anggota MPR-RI Utusan Golongan periode 1999-2004. Tiga tahun setelah reformasi, Sys bersama politisi lain mendirikan Partai Demokrat.

Sumber:Tirto.id