Beranda KABAR IBUKOTA Mencari Kapolri Seperti Jenderal Tito Tantangan Polri ke Depan

Mencari Kapolri Seperti Jenderal Tito Tantangan Polri ke Depan

BERBAGI

H. Muhammad Tito Karnavian

JAKARTA, kabarpolisi.com–Kepercayaan publik terhadap Polri sebagai salah satu lembaga penegak hukum terus meningkat dua tahun terakhir. Saat ini lembaga Tribrata telah menjadi lembaga terbaik ketiga di Indonesia.

Hal ini juga diamini anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait, menurutnya Polri telah mengalami banyak kemajuan dalam pembenahan organisasi. Hal ini tidak lepas dari peran Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian.

“Bila sebelumnya Polri berada di papan bawah (dalam tingkat kepercayaan publik) bersama DPR, selama setahun setengah ke belakang Polri sudah di papan tengah lagi,” ujar politisi yang karib disapa Ara dalam diskusi Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) bertajuk ‘Menakar Peran dan pengaruh Milenial pada Pilpres 2019 di kantor DPP PGK, Duren Tiga, Rabu (3/10).

Namun, kata Ara, beban Polri kedepannya cukup berat. Pasalnya, Polri memiliki tugas untuk mencari pengganti Kapolri pasca Tito pensiun nanti.

“Tantangan polisi kedepan untuk mencari Kapolri yang seperti Tito, untuk meneruskan reformasi yang telah dibangun ini,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian mengatakan, kepercayaan publik terhadap institusi Polri meningkat. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh sejumlah lembaga.

Tito menyebutkan, pada tahun 2016 lalu Polri masih masuk dalam tiga institusi paling tidak dipercaya publik. Akan tetapi, sejak saat itu posisi berbalik dan kini Polri menjadi salah satu institusi yang paling banyak memperoleh kepercayaan masyarakat.

“Kini berdasarkan survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga telah berada pada tiga besar lembaga dengan kepercayaan publik terbaik,” ujar Tito pada acara upacara dan syukuran Hari Bhayangkara ke-72 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/7) lalu. (***)