BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Rekonstruksi kasus pembunuhan Kelompok Jhon Kei yang dilaksanakan di Duri Kosambi, Tanggerang, Rabu (24/06). Sejak pagi warga sekitaran TKP para warga sudah memadati lokasi TKP. Bahkan para Tokoh Masyarakat sudah membantu petugas di sekitaran TKP.

Jajaran Ditkrimum Polda Metro Jaya menggelar Pra-rekonstruksi atas kasus kekerasan yang menimpa Nus Kei. Dalam Pra-rekonstruksi ini polisi menghadirkan tersangka yang merupakan anak buah dari John Kei.

Diketahui sebelumnya keributan antara dua kelompok Kei ini terjadi di Kosambi Jakarta Barat dan Kluster Australia di kawasan Green Lake City Tangerang.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan, pra rekonstruksi digelar untuk penyesuaian antara fakta yang ada di lapangan dengan hasil berita acara pemeriksaan (BAP) para saksi dan para tersangka.

“Gunanya apa? Untuk lebih menyakinkan lagi suatu berkas pemeriksaan yang ada. Hari ini ada 14 adegan di tiga lokasi yang sudah kita laksanakan. Tiga lokasi ini adalah lokasi-lokasi yang digunakan untuk permufakatan jahat dan perencanaan pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok JK,” ujar Jean Calvijn, Rabu (24/06).

Jean Calvijn menambahkan, tiga lokasi perencanaan pertama berada di PT ATE Jalan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara; kemudian Jalan Tytyan Indah Utama X, Medan Satria, Kota Bekasi; dan halaman parkir kolam renang Arcici, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

“Arcici ini adalah tempat terakhir yang digunakan oleh tersangka DF untuk memberi arahan terakhir dan membagi-bagikan tugas berikut dan membagi-bagi peralatan berupa senjata tajam, tombak dan mobil-mobil yang ada,” ungkapnya.

Jean Calvijn menyampaikan, selanjutnya para pelaku bergerak melakukan penyerangan, Minggu (21/6/2020). Lima mobil menuju kediaman Nus Kei, di Cluster Australia, Green Lake City, Cipondoh, Kota Tangerang. Sementara, satu mobil bergerak ke Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat.

“Sasaran kedua di Kosambi, yang penganiayaan mengakibatkan orang meninggal dunia dan penganiayaan berat,” katanya.

Calvijn menambahkan, selanjutnya pra-rekonstruksi digelar di Duri Kosambi dan Perumahan Green Lake.

Di Green Lake sendiri polisi menggelar 11 adegan saat kejadian pengrusakan ini terjadi. Saat adegan pengrusakan di rumah Nus Kei yang berada di Kluster Australia no 52 ini sempat terjadi ketegangan.

DH