BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya akan memberlakukan peraturan E-TLE (electronic-traffic law enforcement) atau tilang elektronik per tanggal 1 Juli 2019 yang bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke 73.

Rencana pemberlakuan ini disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf,Sabtu (29/6/2019).

“Penerapan E-TLE (electronic-traffic law enforcement) atau tilang elektronik ini akan kita terapkan bersamaan dengan HUT Bhayangkara mulai 1 Juli nanti,” kata Kombes Yusuf seperti dilansir dari detikcom.

E-TLE merupakan penindakan secara elektronik dengan menggunakan teknologi kamera CCTV. Kamera CCTV yang terpasang di jalur Sudirman-Thamrin akan merekam setiap pelanggaran lalu lintas.

“Dengan adanya E-TLE ini, diharapkan dapat mengurangi kecelakaan, karena kecelakaan ini selalu didahului dengan pelanggaran,” katanya.

“Jadi nantinya bukan hanya di Sudirman-Thamrin, kita harapkan di seluruh titik, terutama di lokasi rawan macet dan pelanggaran itu ter-cover semua dengan kamera CCTV,” pungkasnya.(Red)

Pengendara yang biasa melewati jalur protokol Sudirman-Thamrin sebaiknya lebih waspada dan menaati rambu-rambu serta peraturan lalu lintas.

Sebelumnya, tilang elektronik ini sudah diuji coba sejak November 2018. Selama uji coba tersebut sudah ada ribuan pengendara yang ditilang.
Saat ini sudah terpasang 10 kamera CCTV di sepanjang ruas Sudirman-Thamrin. Polda Metro Jaya sendiri mengusulkan pemasangan kamera CCTV di 81 titik di seluruh wilayah Jakarta.