BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Polres Bandara Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan penyelundupan 83.750 ekor bayi lobsterSenin, 28 Agustus 2017 malam.

Penyelundupan berhasil terbongkar atas kerjasama Polres Bandara dengan Bareskrim Mabes Polri dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan di Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Sebanyak 83.750 ekor bayi lobster yang disimpan dalam 10 koper itu langsung dibawa dan dilepasliarkan di perairan Pantai Barat, Kabupaten Pangandaran pada Selasa, 29 Agustus 2017 pagi.

Menurut Kapolres Bandara Soetta Kombes Arif Rahman upaya penyelundupan sebanyak 83.750 ekor bayi lobster dilakukan oleh lima orang pelaku. Aksi tersebut digagalkan saat benih-benih tersebut hendak diloloskan ke negara tetangga yakni Vietnam. Caranya dengan menggunakan pesawat dari bandara Soekarno Hatta yang transit di Singapura.

“Untuk sementara pelaku masih kami tahan di Polres Bandara Soekarno Hatta. Ini dilakukan guna penyidikan,” ujar Kapolres Bandara saat ditemui di lokasi pelepasliaran hasil sitaannya.

Sementara menurut petugas BKIPM Jakarta, Ferry Ichwan yang didampingi Kepala BKIPM Cirebon Eko Sulistianto mengatakan, jenis bayi lobster yang dilepasliarkan di Pangandaran berupa udang lobster jenis Panullirus Spp.
Total 800 ribu bayi lobster.

Dia juga mengatakan bahwa sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, hasil tangkapan bayi lobster harus dilepasliarkan di khabitat aslinya. Ini dilakukan supaya kelangsungan hidupnya lebih baik.

Menurut Ferry, pantai selatan Pulau Jawa merupakan habitat asli pengembangbiakan lobster termasuk, perairan Pangandaran adalah salah satu tempatnya.

Pelepasliaran dilaksanakan di perairan Batu Mandi di kawasan Pantai Barat Pangandaran. Dilakukan oleh petugas gabungan dari TNI AL, Polair, BKIPM.

Didampingi pula oleh petugas Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kab Pangandaran serta sejumlah anggota Pokmaswas Pangandaran.

“Pelepasliaran baby lobster hasil sitaan dari para pelaku penyelundupan, di Pangandaran sudah yang ke 15 kalinya. Dengan jumlah total sekitar 800 ribuan baby lobster. Dan ini akan menjadi harta karun bagi nelayan di Pangandaran. Maka tolong dijaga dan dipelihara,” tambah E Sulistianto, Kepala BKIPM Cirebon. (Rizky)