BERBAGI

Indra Sjafri

JAKARTA, kabarpolisi.com – Pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri mengapresiasi turnamen sepak bola antar-Polres yang digelar oleh Kapolda Sumatera Barat Irjen Polisi Fakrizal dalam sebuah turnamen Piala Kapolda Sumbar.

“Saya kira ini satu-satunya Polda yang rutin melaksanakan turnamen antar-Polres. Ini langkah nyata memajukan sepak bola nasional,” kata Indra Sjafri, Sabtu.

Menurut dia, pelaksanaan turnamen secara berturut-turut merupakan kontribusi nyata dalam percepatan pembangunan sepak bola nasional. “Saya berterima kasih atas kontribusi tersebut,” katanya.

Ia mengatakan bibit sepak bola dapat muncul dari mana saja, termasuk kepolisian. Ia mengakui telah melihat permainan di laga final.

“Untuk kualitas nasional saya tentu tidak melihat di satu pertandingan saja. Contohnya pemain terbaik di turnamen ini langsung saya tanya di mana klub dia apakah dia rutin latihan,” katanya

Sementara itu, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal mengatakan ini turnamen sepak bola kedua yang diselenggarakan dalam rangka perayaan HUT ke-73 Bhayangkara.

Ia mengakui pada turnamen yang kedua ini terjadi peningkatan kualitas permainan terutama di laga final antara tim Polda A berhadapan dengan tim Brimob.

“Kedua tim yang berlaga potensinya cukup bagus. Mudah-mudahan nanti ada yang bermain di PSP Padang, Semen Padang dan lainnya,” kata dia.

Ia mengungkapkan tujuannya mengundang Indra Sjafri menonton langsung final turnamen ini di Stadion Haji Agus Salim untuk memotivasi agar sepak bola Sumbar lebih maju.

“Kita ingin memajukan sepak bola Sumbar, salah satu caranya adalah mendatangkan pelatih timnas agar pemain mengeluarkan kemampuannya,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan bola terhadap 15 Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kota Padang.

“Kita berharap sepak bola Sumbar berkembang pesat dengan banyaknya jumlah SSB yang mencetak pemain unggulan,” katanya.

Ia mengatakan sedari awal menjabat sebagai Kapolda di Sumatera Barat, Kapolda memberikan perhatian khusus terhadap olahraga di segala even mulai dari sepak bola, bola voli, golf, tinju, dan lainnya.

“Saya ingin berkontribusi memajukan olahraga di daerah ini,” kata dia.

Dalam partai final Piala Kapolda Sumbar Cup II 2019 tim Polda A berhasil meraih juara setelah menundukkan juara bertahan tim Brimob melalui adu penalti dengan skor (4-3) setelah imbang 1-1 dalam 2×45 menit. (Ant)