BERBAGI

SUKABUMI, kabarpolisi.com – Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Polisi Syafruddin sebagai Chef de Mission (CdM) Asian Games 2018, beraksi menjadi tekong dalam sesi latihan pelatnas sepak takraw.

Komjen Syafruddin memperlihatkan kemampuannya tersebut saat mengunjungi kesiapan pelatnas di Icuk Sugiarto Training Camp (ISTC) Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (20/3/2018).

“Saya pernah berlaga di Kualalumpur, Malaysia tahun 1975-1977 dan saya menjadi juara Asia membawa harum nama Indonesia. Ini motivasi untuk atlet saat ini yang segala fasilitasnya diupayakan maksimal oleh pemerintah,” katanya.

Syafruddin kemudian berbagi sedikit kisah mengenai masa-masa tersebut. Dibandingkan dengan era sekarang, status atlet saat itu jauh berbeda karena tidak ada fasilitas spesial dan pelatihan khusus.

“Uang saku enggak ada, sarana prasana belum memadai seperti sekarang, apalagi fasilitas training camp juga tidak ada. Semoga ini menjadikan motivasi untuk atlit yang saat ini akan berlaga di Asen Games Agustus mendatang,” tutur Syafruddin.

Pelatih Sepak Takraw Asry Syam mengaku ada kebanggaan dan motivasi bagi atletnya begitu mengetahui pencapaian Syafruddin dalam cabang olahraga tersebut di masa lalu.

“Ini luar biasa (jadi) dukungan moril, apalagi setelah kami tahu beliau mantan atlet nasional cabang sepak takraw. Saya briefing anak-anak saya jadikan itu sebuah motivasi, dan Insya Allah ini adalah sebuah peluang. Saya yakin secara psikologis akan ada pengaruh ke anak-anak apalagi beliau ini seorang CdM, semoga bisa menggenjot prestasi anak-anak nanti,” ujar Asry.

Asry menjelaskan akan ada 4 tim putri dan 4 tim putra yang akan berlaga di Asian Games nanti. Dari beberapa negara, Korea dan Thailand akan menjadi lawan berat sehingga pertandingan pun akan sengit.

“Dari beberapa negara mungkin Korea, Thailand, dan mungkin Myanmar akan menjadi lawan berat di beberapa nomor cabang pertandingan. Semoga kita bisa membawa harum nama Indonesia saat berlaga di Asian Games nanti,” ucapnya.(Devara)