BERBAGI

Oleh : H. Dicky Aditya

HAMPIR semua umat Islam pasti tahu bahwa Jumat ialah hari yang sangat diagungkan. Tapi apakah mereka semua mengenal mengenai amalan-amalan istimewa di hari Jumat?

Amalan-amalan yg dapat dikerjakan oleh seseorang di hari biasa terbukti banyak, tapi nyatanya ada berbagai amalan khusus hari jumat akan menjadi sangat istimewa apabila seseorang di hari yg paling diagungkan itu mengerjakan ibadah berbagai macam ibadah. Nah amalan apa saja di hari Jumat untuk melipatgandakan pahala kamu?

1. Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Amalan istimewa di hari jumat yang pertama ialah adanya sebuah hadits yg mengatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam mengusulkan umatnya untuk membaca surat al-Kahfi di hari Jumat. Saat umatnya melakukan hal tersebut, maka orang-orang tersebut lalu akan disinari oleh cahaya diantara orang itu sendiri & dengan rumah Allah (Mekkah). Nabi juga bersabda bahwa amalan-amalan istimewa di hari Jumat khususnya membaca surat Al-Kahfi sampai 10 ayat akhirnya, maka tidak dapat dikuasai dajjal. Belum lagi pahalanya bakal dicatat di kertas yg tidak dapat luntur di surga.

2. Menggandakan Membaca Shalawat Nabi di Hari Jumat

Sebuah hadits menceritakan mengenai sabda Nabi Muhammad SAW yg berbunyi mengenai bagaimana seseorang dianjurkan menggandakan shalawat Rasul. Hal ini dikarenakan shalawat umat nabi diperlihatkan pada hari Jumat, dan siapa yg bershalawat paling banyak bakal menjadi yg paling dekat dengan Nabi Muhammad di hari kiamat kelak.

3. Tidak Berpuasa di Hari Jumat dan Jangan Mengkhususkan Dengan Shalat Tertentu

Yang bukan amalan hari Jumat ialah dengan berpuasa tanpa alasan di hari itu. Rasulullah sempat bersabda dalam sebuah hadist yangg mengatakan bahwa janganlah kita membuat hari Jumat menjadi hari yg amat khusus sampai kita berniat puasa. Kita hanya boleh berpuasa di hari Jumat apabila kebetulan berpapasan dengan puasa Ramadhan.

4. Membaca Surat Al-Insan dan As-Sajdah saat Shalat Subuh di Hari Jumat

Amalan pagi hari jumat yang baik dilakukan yaitu dalam sabda Nabi Muhammad lewat sebuah hadits yg diriwayatkan Abu Hurairah bahwa beliau biasanya membaca surat As-Sajdah di rakaat pertama & baru membaca surat Al-Insan di rakaat kedua.

5. Menggandakan Doa di Hari Jumat

Ada hadits riwayat Abu Hurairah yg mengatakan bahwa Rasulullah sempat berkata mengenai hari Jumat, dimana ada waktu yg apabila orang berdoa di waktu itu maka pasti dikabulkan. Ada 4 pendapat tidak sama mengenai waktu ini, tapi untuk lebih baiknya, kita haruslah ber doa setiap saat kita mempunyai peluang.

Sumber : Galamedianews.com