Beranda SOSOK Kisah Kombes Yusril Hakim Dibalik Peningkatan Status Polda Lampung

Kisah Kombes Yusril Hakim Dibalik Peningkatan Status Polda Lampung

BERBAGI

Yusril Hakim


LAMPUNG, kabarpolisi.com
– Lama bergelut dalam dunia intelijen, dan kini sudah pensiun, ada nama Kombes Polisi Purnawirawan Yusril Hakim di bali peningkatan status Polda Lampung dari type B ke A, sudah mulai dicanangkan sejak tahun 2006 Kapolda Lampung Brigjen Suhardjono Kamino.

“Saat itu saya menjabat Wadir Intelkam Polda. Direktur saya Kombes Suroso dan Kapolda saya Brigjen Suhardjono Kamino, perjuangan untuk meningkatkan status Polda Lampung dari type B ke A telah dimulai, dan sudah 6 kali usulan diajukan ke Mabes Polri tetapi tidak berhasil,”cerita Kombes Polisi (Purn) Yusril Hakim, YHS, saat diwawancarai kabari kisi.com Jumat kemarin.

Menurut mantan Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Pusat itu, tahun 2015 Kapolda Lampung dijabat oleh Brigjen Edwardsyah Pernong, kemudian dikemukakan kembali ide tersebut.

Nah, di zaman Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, akan membantu sengan sepenuhnya peningkatan Polda Lampung.”Tahun 2016 pergantian Kapolda lagi yakni dijabat Brigjen Ike Edwin, lagi-lagi kita kemukakan kenaikan status type Polda. Beliau (Dang Ike,red) sangat merespon, dengan diangkatnya saya jadi konsultan Kapolda Lampung bidang kepolisian dan antar lembaga,” ungkap perwira menengah yang dikenal rendah hati ini.

Yusril menyebutkan, dia terus bolak-balik ke Jakarta ditemani Darusalam, Dr. Erry Setianegara Syeh Awam untuk menemui Ketua MPR RI guna minta bantuan agar Polda Lampung naik status nya jadi type A.

Ketua MPR RI secara terus-menerus menghubungi Menpan RB Yuddi Crisnandi dan Kapolri. “Hasilnya dari 4 Polda yang diusulkan disetujui Polda Kalbar, Sulawesi Utara, sedangkan Polda Lampung dan Riau masih perlu pemantaban, “jelasnya dan menambahkan dukungan yang besar dari Kombes Polisi Suroso Hadi Siswoyo yang kini Kapolda Lampung dengan pangkat Inspektur Jenderal.

“Lagi-lagi  saya dan kawan-kawan melaporkan kepada Ketua MPR RI dan pada saat Ketua MPR RI kunker ke Polda Lampung di depan Kapolda Lampung dan para pejabat utama (PJU), Ketua MPR berjanji tetap akan berjuang mewujudkan status Polda tipe A.,” katanya.

“Kemudian mempertemukan Kapolda dan PJU, dengan Menpan RB Yuddi Crisnandi. Akhirnya pertemuan terjadi di Rumah dinas Ketua MPR RI jl. Widya Chandra IV No.16 Jakarta Selatan dengan dihadiri Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan sekjend PAN, Menpan RB Yuddi Crisnandi dan staf ahli, staf khusus Menteri LHKH Nuril Hakim YHS, kaitan dengan rencana pemberian lahan 50 Hektar guna pembangunan Polda Lampung di Kota Baru Lampung Selatan,” Yusril menjelaskan.

Kapolda Lampung sebelumnya yakni Brigjend Ike Edwin Waka Polda Kombes Bonifasius Tampoi, Irwasda Kombes Budi Susanto, Kombes (Purn) Yusril Hakim, dan Darussalam, segera menemui Kapolri saat itu Jendral Badroedin Haiti dan juga belum berhasil,” jelasnya.

Akhirnya, kata Yusril, terjadi pergantian Menpan RB ke Asman Abnur yang juga kader PAN dan pada kesempatan itu dia dan Irwasda serta Darussalam menghadap Menteri dan menyerahkan dokumennya.

“Lagi-lagi saya menghadap Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pada waktu acara ultah ditemani Dr. Erry Setianegara, Darusallam dan Kakanda.Dr. Nuril Hakim dan bertemu ketua MPR RI ke 54 dikediamannya. Hasilnya Ketua MPR memanggil Asman Abnur Menpan RB dan merencanakan dalam waktu dekat akan kunker ke Lampung lagi,” mantan Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Timur mengungkapkan.

Menurutnya, tujuan Kunker tersebut untuk melihat kesiapan Polda. Akhirnya Ketua MPR RI dan Menpan RB datang, didampingi 2 Deputy yaitu Ibu Diah Deputi Bidang Pengawasan dan Ibu Ririn Deputi Bidang. Kelembagaan.

“Hasilnya dalam waktu seminggu akan dikeluarkan SK Penetapan kenaikan status Polda Lampung dari type B ke A. Nah tanggal 19 September 2016 terbitlah SK Menpan RB no.B/3/08/M.PanRB/9/2016. Hal pengaturan susunan organisasi dan tata cara kerja Polri,” katanya tersenyum.

“Isinya adalah peningkatan Polda Lampung type B ke type A dengan jenjang kepangkatan Kapolda Lampung berbintang dua dan Waka Polda Lampung berbintang satu,” Yusril menambahkan.

Sabtu 29 Oktober 2016, Irwasum Polri Komisaris Jenderal Dwi Priyatno resmi kukuhkan Polda Lampung jadi Type A.

“Alhamdulillah perjuangan saya selama 10 tahun atas ridho allah terkabul sejak hari ini sabtu 29 oct 2016 polda lampung status nya menjadi type A,” kata Yusril Hakim dengan mata berbinar-binar, bangga.

Muhammad Rizal Tanur