Beranda SERBA SERBI Aliansi Masyarakat Transportasi minta Permenhub 108 Segera Diberlakukan

Aliansi Masyarakat Transportasi minta Permenhub 108 Segera Diberlakukan

BERBAGI

JAKARTA, kabarpolisi.com – Para supir angkutan yang tergabung pada Aliansi Masyarakat Transportasi Nasional, menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka. Aksi kali ini untuk mendukung pemerintah melakukan pemberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 tetang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Ketua Aliansi Masyarakat Transportasi Nasional, Cecep Handoko (Ceko) mengatakan pihaknya mendukung permenhub 108 diberlakukan, pasalnya, permenhub tersebut lahir sebagai payung hukum lantaran adanya perkembangan teknologi yang menyentuh dunia transportasi. 

“Permenhub 108 ini juga sebagai upaya untuk terciptanya keadilan para pelaku transportasi bahkan memiliki manfaat bagi masyarakat pengguna transportasi,” ujar Ceko saat memberikan keterangan media di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (26/1). 

Selanjutnya, kata Ceko, dalam permenhub tersebut sangat jelas mengatur ketentuan yang mengharuskan penyelenggara angkutan untuk melakukan uji Kendaraan Bermotor (KIR), memasang stiker kendaraan, memiliki SIM A umum dan begabung dalam badan hukum. 

“Ketentuan itu semua adalah upaya pemerintah untuk memastikan kelayakan kendaraan angkutan umum agar si pengemudi dan penumpang mempunyai kepastian keamanan berkendaraan,” jelas Ceko. 

Selain itu, sambung Ceko, pihaknya menyayangkan adanya kelompok yang mencoba memperkeruh situasi dengan dalih keadilan, padahal kalo masyarakat cermat kelompok yang menolak permenhub ini, seolah-olah tidak memiliki rasa nasionalisme dan mereka tidak menjadikan Indonesia berdaulat secara hukum. 

“Bahkan lebih dari itu, mereka tidak memikirkan keselamatan masyarakat pengguna transportasi umum dan mereka hanya mementingkan keuntungan kelompok tanpa memikirkan keadilan,” tegas Ceko. (Muhammad Rizki)