Beranda SERBA SERBI Irjen Pol. R. Z. Panca Putra S, Resmi Jabat Kapolda Sulut

Irjen Pol. R. Z. Panca Putra S, Resmi Jabat Kapolda Sulut

BERBAGI

MANADO – Pataka Maesa’an Waya, Polda Sulawesi Utara(Sulut) secara resmi diserahkan dari Ispektur Jenderal Polisi Drs. Royke Lumowa, M.M kepada Inspektur Jenderal Polisi Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Utara.

Upacara tersebut, sekaligus rangkaian Farewell Parade dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yadi Suryadinata, M.Si., para PJU Polda, para Kapolres/ta jajaran serta perwakilan personil Polda Sulut yang digelar di halaman depan Mako Polda Sulut, Rabu (2/9/2020)

Dalam sambutannya Irjen Pol. Royke Lumowa berpamitan kepada seluruh pasukan dan kesatuan, sembari mengucapkan terima kasih kepada semua personil Polri yang sudah membantu tugas-tugasnya selama menjabat sebagai Kapolda Sulut, sehingga daerah ini tetap aman serta kondusif ditengah pandemi Covid-19.

Sementara itu Irjen Pol. R. Z. Panca Putra, S menyatakan, siap melaksanakan tugas sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

“Saya selaku pejabat baru, saya bermohon kepada seluruh anggota Polda dan jajaran terlebih khusus kepada seluruh masyarakat dapat menerima saya dan keluarga. Untuk memberikan pengabdian, untuk memberikan pelayanan terbaik, bagi warga Nyiur Melambai Sulawesi Utara.
Saya secara pribadi tentu akan menyelesaikan tugas yang diberikan Negara sebagai Kapolda,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, memasuki pelaksanaan Operasi Mantap Praja 2020 seluruh personil Polri harus siap menyukseskan tahapan pilkada ditengah situasi pandemi.

“Tentunya tantangan ini menjadi tanggung jawab kita bersama menyukseskan pilkada ditengah pandemi,” imbau Kapolda, seraya mengingatkan agar tugas-tugas rutin Kepolisian dalam menjaga kamtibmas, harus terus dilakukan.

Mantan Direktur Penyidikan KPK ini pula mengajak segenap personil Polda Sulut dan jajaran agar dapat melaksanakan tugas dengan sepenuh hati, dilandasi prinsip sinergitas akan mampu menjaga dan memelihara situasi kamtibmas, sehingga apa yang menjadi program pemerintah dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,

“Paling prinsip, berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dengan hati ikhlas dan jangan pernah menyakiti hati masyarakat,” ajak Panca Putra. Ditambahkannya lagi, motto ‘Sitou Timou Tumotou’ yang artinya manusia hidup untuk menghidupkan orang lain, dapat diimplementasikannya dalam pengabdiannya di Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Kapolda Irjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S, M.Si didampingi Ketua Bhayangkari Sulut Ny. Rita Panca Putra disambut dengan pengalungan bunga oleh Wakapolda Sulut, jajar hormat dan Tarian Maengket. Tradisi penyambutan itu merupakan rangkaian kegiatan Serah Terima Jabatan Kapolda.

Kepala Bidang Humas Polda Sulut Komisaris Besar Polisi Jules Abraham Abast, SIK menjelaskan, seluruh rangkaian acara tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Seluruh personil tetap wajib memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna menghindari penyebaran covid-19,” singkat Kabid.

(Handry/Humas).