BERBAGI

SEMBAKO – Kasat Lantas Polres Padang Panjang Iptu Saherman, SH sedang membagikan sembako kepada masyarakat miskin dan Terpapar Covid -19. Program sosial ini merupakan realisasi dari program Jumat Barokah di Polres Padang Panjang. (foto : ist)

Padang Panjang, Mediapolisi.com – Satuan Lantas (Satlantas) Polres Padang Panjang, Jumat (3/8) melaksanakan program Jumat Barokah dengan membagikan bantuan sembako bagi warga miskin di kota Padang Panjang dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

Kasat Lantas Polres Padang Panjang Iptu Saherman didampingi KBO dan Kanit Lantas bersama anggota sejak Jumat pagi mendatangi kediaman rumah warga miskin dan terpapar Covid -19 dan kemudian membagikan sembako.

“Alhamdulillah ini merupakan realisasi program Jumat Barokah dari Satlantas Polres Padang Panjang yang ditujukan kepada warga miskin dan terpapar Covid -19,”ujar Iptu Saherman SH kepada Kabarpolisi.com, Jumat sore.

Dengan dukungan armada Lantas, Tim Jumat Barokah Satlantas Polres Padang Panjang ini ‘memburu’ kediaman warga miskin di tiga wilayah hukum Polres Padang Panjang.

Pertama, kawasan terminal bus angkutan dalam dan antar propinsi di Bukit Surungan, Padang Panjang. Disini Iptu Saherman dan tim langsung menyasar calon penerima bantuan sembako. Sedikitnya puluhan warga mendapatkan bantuan sembako.

Selanjutnya tim bergeser ke wilayah hukum Polsek Batipuh Selatan yang merupakan daerah hukum Polres Tanah Datar tetapi diperbantukan ke Polres Padang Panjang.

Disini Tim Jumat Barokah Satlantas Polres Padang Panjang secara langsung menyerahkan bantuan ke rumah warga yang bersangkutan.

“Meskipun jumlah sembako yang kami berikan tidak terlalu banyak tetapi sangat berharga bagi masyarakat yang menerimanya. Mereka banyak terharu menyambut kedatamgan kami,” kata Iptu Saherman menggambarkan suasana saat penyerahan sembako.

Program Jumat Barokah ini, menurut Iptu Saherman, adalah realisasi dari amanat Kapolri dan Kapolda kepada jajaran Polres dan satuan agar berbagi dengan masyarakat tidak mampu pada saat hari Jumat.

“Mengapa hari Jumat, karena pada hari itu suasana beribadah umat Islam lebih menonjol dibandingkan hari lainnya, karena itu ditambah kata Barokah supaya kegiatan santunan ini menjadi berkah bagi jajaran Polres dan masyarakat penerimanya,” kata Saherman memaparkan konsep Jumat Barokah secara ringkas.

Setelah sepekan melaksanakan tugas, maka pada setiap hari Jumat setiap satuan di Polres Padang Panjang melaksanakan program berbagi kepada masyakarat, sesuai dengan sasaran masing masing.

Dengan demikian, kata Iptu Saherman, masyarakat bisa merasakan peranan polisi sebagai pengayom dan pembina masyarakat.

(awe)

.