Beranda SERBA SERBI Satuan Lalu Lintas Polres Kampar Gelar Safety Riding

Satuan Lalu Lintas Polres Kampar Gelar Safety Riding

BERBAGI

KAMPAR, kabarpolisi.com – Demi meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika berlalu lintas, Sat Lantas Polres Kampar bekerja sama dengan Honda Capella Bangkinang menggelar Safety Riding di SMKN 1 Bangkinang Selasa, 14 Maret 2017.

Lebih kurang 350 Pelajar mengikuti kegiatan ini yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Kampar AKP Masud Ahmad SIK

Dalam arahannya dijelaskan semakin tingginya angka kecelakaan lalu lintas di usia pelajar untuk itu perlu adanya Safety Riding bagi pengemudi.

Banyak yang bisa menggunakan KR2, namun tidak mengetahui bagaimana mengendarai sepeda motor yang baik benar nyaman dan aman bagi pengemudi maupun bagi pengendara lainnya.

Setiap detik ada saja manusia yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas di jalan raya, apa lagi melihat angka kecelakaan lalu lintas di usia pelajar sangat miris, yang ada dihadapan saya ini adalah generasi penerus bangsa. bagaimana jadinya bangsa ini apabila penerusnya mengalami kecelakaan lalu lintas apa lagi berakibat fatal, ujar Kasat Lantas Polres Kampar

Dalam kegiatan ini dijelaskan bagaimana cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar, bagaimana persiapan sebelum menggunakan kendaraan dan akan langsung dipraktekan oleh pihak Honda.

Ada beberapa latihan yaitu : bagaimana proses pengereman, gerakan slalom yaitu untuk melatih kemampuan dan menjaga irama keseimbangan tubuh ketika menikung dan melakukan manufer mendadak atau melintas dijalan yang berliku dan terakhir melewati jalan titian yang berguna untuk melatih keseimbangan tubuh ketikan melewati jalan yang sempit.

Kegiatan ini diikuti sangat antusias oleh para murid, karena mereka dapat langsung mencoba di lapangan dan tersedia juga simulator mengendarai sepeda motor.

Diakhir kegiatan juga dijelaskan kepada para murid dan guru ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ops Simpatik Siak 2017 yang berlangsung selama tanggal 1-21 Maret 2017, guna menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di wilayah Kabupaten Kampar

Kepala Sekolah SMK1 Bangkinang, Bapak Junaidi Mpd sangat berterimakasih akan adanya kegiatan ini, Banyak ilmu dan pengalaman yang diberikan kepada kami, semoga murid-murid kami dapat memahami dan mengaplikasikannya, serta dapat mensosialisasikan kembali kepada keluarga tetangga teman dan kerabatnnya dirumah. (Eman)