Bareskrim Polri Bentuk Direktorat khusus Perempuan dan Anak

Kabarpolisi.Com  –  Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi langkah Bareskrim Polri yang telah membentuk Direktorat khusus bagi perempuan dan anak. Dia berharap, langkah tersebut bisa segera ditiru hingga tingkat Polda dan Polres.

“Kami berharap proses pembentukan Direktorat Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polri dapat berjalan lancar, karena sangat diperlukan mengingat tingginya kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Puan melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Sabtu (2/7/2022).

Nantinya, Direktorat PPA ini akan diisi oleh Polwan. Adapun pembentukan Direktorat PPA ini sejalan dengan teknis Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

Puan menilai, dengan meletakan Polwan di Direktorat PPA akan lebih memudahkan korban kekerasan seksual melaporkan kasusnya.

“Dengan menjadikan Polwan untuk berada di lini terdepan, Direktorat PPA Polri tentunya akan membuat korban merasa lebih nyaman mengingat korban kekerasan seksual mayoritas adalah perempuan dan anak,” kata Puan.

Direktorat PPA Polri pun diharapkan ikut berperan dalam program-program pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kerja sama Polri dengan lintas instansi dan elemen masyarakat juga diyakini dapat membantu cepat selesainya kasus-kasus kekerasan seksual, termasuk pendampingan untuk korban.

“Kami percaya Polri akan terus berintegritas dalam melayani masyarakat. Polisi harus bisa tegas dalam menindak kejahatan terhadap perempuan dan anak,” pungkasnya.(Tri)

BACA JUGA  Kapolri Bubarkan Satgassus Polri yang Pernah Dipimpin Irjen Ferdy Sambo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.