TENTANG KAMI

Jaringan media KABARPOLISI MEDIA GROUP ini lahir dari semangat pentingnya ketersebaran informasi untuk masyarakat Indonesia baik di dalam mau pun di luar negeri.

Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan fungsi menjalankan kontrol sosial adalah tujuan kami mendirikan jaringan media yang saat ini dikelola tenaga-tenaga muda bertalenta.

Tiap media yang berada dibawah jaringan media kami memiliki segmen khusus.

Berita tentang kepolisian Republik Indonesia yang berskala nasional akan dimuat di kabarpolisi.com

Berita tentang tentar /militer kami memiliki kabarmiliter.id

Liputan  pariwisata Indonesia dan kuliner nusantara sebagai panduan wisatawan bisa kilik kabartravel.id 

Kami juga memiliki media dengan liputan umum nasiona Harianindonesia.id dan di dukung Eranasional.com 

Utuk media liputan lokal Sumatera Barat kami memiliki Payakumbuh.pos.id

Di Kepulauan Riau ada Kabarkepri.com

Di Provinsi Riau kami hadir dengan Kabariau.com

Dan Jawa Barat kami memiliki mediadepok.id

Di Jawa Tengah kami mengelola Kabarjateng.online

Di Sulawesi Utara kami menerbitkan Harianmanado.com khusus berita tentang Sulawesi Utara dan Indonesia Timur.

Kami juga menerbitkan media online dengan liputan khusus tentang kejaksaan yakni Suarakejaksaan.com

Kabarpolisi Media Group juga memiliki TV Channel YouTube KabarpolisiTV  dan Majalah Berita Kabarpolisi (cetak).

Setiap berita yang kami posting langsung kami viralkan melalui media sosial ; Facebook, Twitter, Instagram, WA Group.

Dalam menjalankan fungsi persnya, media yang tergabung di bawah naungan KABARPOLISI MEDIA GROUP tunduk pada Undang-Undang Pokok Pers, Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia dan peraturan organisasi media ini.

 

KENAPA KABARPOLISI? 

 

Kabarpolisi.com didirikan 1 Juli 2016 oleh Ben Ibratama Tanur dan Dewinta Pringgodani dan beberapa rekan wataawan. Ingin menerbitkan media online khusus nl  kepolisian ; kabarpolisi.com

Hal ini disampaikan kepada Kapolri (waktu itu) Jenderal Polisi Tito Karnavian

“Namanya bagus. Saya suka ” kata Jenderal bintang empat yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri.

Dengan tagline ; Mengemban Amanat Hukum, media ini adalah media independen. Tidak berafiliasi dengan institusi negara termasuk Polri.

Badan Hukum

Kabarpolisi.com terdaftar di Depkumham lewat PT. Rezki Media Pratama dengan SK Menkumham Nomor : AHU-0057528. AH. 01.01. Tahun 2017. Tanggal 19 Desember 2017 ditandatangani Dirjen AHU DR. FREDDY HARRIS SH, LLM, ACCS atas nama Menteri Kehakiman Hukum dan HAM Yasona Laoly.

Pemimpin Redaksi kabarpolisi. com Awaludin Awe adalah Wartawan Dewan Pers dan Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (1990)

Kabarpolisi.com sudah mendaftar di Dewan Pers untuk verifikasi administrasi dan faktual. Namun saat ini belum diverifikasi karena Dewan Pers meminta Surat Tidak Keberatan dari Mabes Polri atas penggunaan kata polisi.

Ada beda tafsir soal istilah polisi dengan Dewan Pers. Dewan Pers minta kami dapat persetujuan dari Mabes Polri memakai kata polisi. Kami tidak mau. Karena polisi itu istilah atau sebutan untuk penjaga keamanan dan ketertiban di seluruh dunia.

Kecuali kami gunakan kabarpolri.com itu harus izin dari Polri Karena Polri itu institusi negara yang melaksanakan penegakkan hukum dan penjaga keamanan di Indonesia

Seluruh dunia menggunakan kata polisi, polis atau police. Dan di Indonesia juga ada polisi Pamong Praja, polisi hutan, polisi kereta api, polisi pantai, polisi militer dan polisi syari’ah. Artinya polisi itu istilah atau sebutan.

Kode Etik dan UU Pers

Walaupun belum diverifikasi Dewan dalam menulis berita kami tunduk pada UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia.

Tugas Dewan Pers melindungi kemerdekaan pers dari campur tangan pihak lain; (2) melakukan pengkajian untuk mengembangkan kehidupan pers; (3) menetapkan dan mengawasi pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik; (4) memberikan pertimbangan dan mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus-kasus yang berhubungan dengan pemberitaan.

Seandainya kami menggunakan kabarpolri. com wajib harus ada izin dari Polri. Dan jika  pun diizinkan menggunakan nama kabarpolri kami juga tidak akan bersedia karena kami media independen  dan tidak berafiliasi dengan lembaga pemerintah manapun.

Kabarpolisi.com bermitra dengan semua lembaga pemerintah khususnya Polri dan lembaga penegak hukum lainnya.

Apa itu Polisi?

Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang menjaga ketertiban, keamanan, dan penegakan hukum di seluruh wilayah negara. Kepolisian adalah salah satu lembaga penting yang memainkan tugas utama sebagai penjaga keamanan, ketertiban dan penegakan hukum, sehingga lembaga kepolisian ada di seluruh negara berdaulat.

Istilah polisi berasal dari bahasa Belanda politie yang mengambil dari bahasa Latin politia berasal dari kata Yunani politeia yang berarti warga kota atau pemerintahan kota

Di Malaysia dan Brunei, polisi dikenal dengan istilah Polis Diraja (Kepolisian Kerajaan Malaysia dan Angkatan Kepolisian Kerajaan Brunei Darussalam).

Istilah polisi berasal dari bahasa Belanda politie yang mengambil dari bahasa Latin politia berasal dari kata Yunani politeia yang berarti warga kota atau pemerintahan kota. Kata ini pada mulanya dipergunakan untuk menyebut “orang yang menjadi warga negara dari kota Athena”, kemudian pengertian itu berkembang menjadi “kota” dan dipakai untuk menyebut “semua usaha kota”.

Oleh karena pada zaman itu kota merupakan negara yang berdiri sendiri yang disebut dengan istilah polis, maka politea atau polis diartikan sebagai semua usaha dan kegiatan negara, juga termasuk kegiatan agama.

Police adalah kata dalam bahasa inggris yang berasal dari kata Yunani politeia yang berarti warga kota atau pemerintahan kota. kata police yang paling banyak dipakai pada saat ini. kata police banyak diadaptasi oleh berbagai negara. salah satunya negara kita juga mengadaptasi kata police menjadi polisi.i

Dibawah ini adalah beberapa kata police yang telah diadaptasi oleh berbagai negara.

Policia adalah terjemahan police dalam bahasa portugis dan spanyol. dipakai oleh portugis (portugal), spanyol, dan negara-negara bekas jajahan mereka seperti Argentina, Kolombia, Peru, Brazil, Nikaragua, Dominika.

Kata policija dipake pada negara slovenia, Lithuania, Latvia, croatia, dan negara-negara di sekitarnya

Policja merupakan arti kata police dalam bahasa polski. policja dipakai oleh negara polandia

Poliisi adalah arti dari kata police dalam bahasa suomi.bahasa Suomi adalah bahasa yang dituturkan oleh sebagian besar warga Finlandia. kata polis digunakan di negara turki dan negara tetangga kita, malaysia
politik berasal dari bahasa dansk. bahasa ini dipakai oleh negara denmark

Politia adalah terjemahan dari police dalam bahasa Rumania. politie berasal dari bahasa belanda dan dipakai oleh Belanda dan suriname (bekas jajahan belanda). kita pernah juga memakai kata politie di masa penjajahan Belanda. Kepolisian Daerah Jakarta disebut Hoofdbureau Van Politie Batavia atau Kantor Besar Kepolisian Jakarta

Politsei berasal dari bahasa esti dan dipakai di negara Estonia. Polizei adalah police dalam bahasa germany dan dipakai oleh negara Jermanl Polizia kata yang dipakai di negara Italia

Pulis dipakai oleh negara tetangga kita, filipina. Nama lengkapnya PNP (philippines national pulis) pulizija merupakan arti dari police yang dipakai di negara Malta

Pulisya juga dipakai oleh negara Filipina . bedanya dengan pulis, pulis adalah kata serapan dari bahasa inggris. sedangkan pulisya berasal dari bahasa pilipino (bahasa daerahnya).

KABARPOLISI MEDIA GROUP

 

Ben Ibratama Tanur di samping pendiri dan owner kini menjabat Chief Eksekutif (CEO) Kabarpolisi Media Group (KMG) yang terdiri dari ; kabarpolisi.com Kabarmiliter.id kabartravel.id kabarkepri.com, Harianndonesia.id, mediadepok.id Payakumbuhpos.id Harianmanado.com Suarakejaksaan.com, kabariau. com mediapolisi.id, Suarajateng.online dan KabarpolisiTV Chanel YouTube. 

Dia adalah wartawan senior yang terjun kedua kewartawanan sejak tahun 1986. Bakat wartawan nya muncul saat masih kelastuga di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Ben Tanur terpilih sebagai Pemimpin Redaksi Majakah Sekolah Terbaik Tingkat SMP/SMA Se Sumatera Barat tahun 1981 yang diadakannya PWI Sumbar. Ben menerima tropi dari Gubernur Sumbar Azwar Anas. Di tahun yang sama dia juga Mewaliki Sumbar  dalam Jambiore Nasional Asia Fasifik 1981.

Pria otodidak ini karir jurnalistik dimulai  di Bandung tahun 1986. Setelah tanatt SMA. Rencana nya kuliah Papaua dan Aceh untuk jadi Koresponden media ibu kota ini kedua kota gagal. Ie Pernah mengisi Harian Pikiran Rakyat Bandung dan Harian Singgalang Padang.

Pindah ke Singgalang Padan pegang kartu PWI Sumbar  tahun Nomor 04.00007189.CA dan pemegang kartu PWI Pusat 04.0048291M VII 21 April 1990 ditandatangani Ketua Umum PWI Pusat M. Sugeng Wijaya. 

Hampir semua liputan sudah dia lakoni. Mulai deri kepolisian hingga olahraga. Dari militer hingga politik. Hampir 30 tahun dia meliput di kepolisian RI dari Kapolri Jenderal Kunarto hingga Jenderal Bimatoro. Dari Hingga Bambang Hendarso Dauri, Sutarman, Tito Karnavian hingga Listyo Sigit Prabowo.

Tidak hanya aktif di dunia jurnalistik. Sejak tahun 1987 juga sudah aktif di PDI yang kemudian terbelah dan Ben Tanur ikut mendirikan PDI Perjuangan di Sumbar yang benihnya disebut Promeg (Pro Mega). Tahun 1999 Ben Tanur adalah anggota Pemilihan Indonesia (PPI) penyelenggara Pemilihan Legislatif mewakili Partai Murba dan PKB diwakili Muhaimin Iskandar, PAN Patrialis Akbar sedangkan PDIP diwakili Jacob Tobing.

Dalam aktivitas lain Ben Tanur ikut mendirikan relawan ProJo di Sumbar dan pendiri Tan Malaka Institute.

Dalam mengelelola Redaksi jaringan media ini Ben Tanur — panggilan akrabnya — dibantu beberapa wartawan senior seperti Awaluddin Awe, Fajar Kurniawan, Donny Magek Piliang, Krista Yanto, Wisja Sikumbang, Ridho Tanur pemegang Wartawan Utama Dewan Pers.

Dalam usaha pengembangan bisnis jaringan media ditangani beberapa pengusaha muda nasional seperti Dhany Marlen, Erick Hariyona, Elga A. Thamrin, Marta Uli Emilia dan banyak lagi.

 

 

Kabarpolisi Media Group berada dibawah namun :

PT. DINAMIKA MEDIA PERDANA
Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU – AU_0498.AH.02.01
Tanggal 28 Januari Tahun 2018

NPWP
71.495.700.8-013.000

BANK
BNI
Rekening
715403805
(Kantor Pusat)

NOTARIS
HAMIDAH MEUTIASARI SH, MKn

Alamat Redaksi/Iklan
Indonesia Stock Exchange Tower 2, 17th Floor
Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53,
Jakarta 12190
INDONESIA

Phone.
+62 (21)5157777
Mobile
0818705101

E-Mail
redaksi@kabarpolisi.com