Belum Dikembalikan, Satu Mobil Kepresidenan RI Masih Dipinjam SBY

Mercy S600 Pullman Guard mobil kepresiden RI (Foto Istimewa)

Jakarta, kabarpolisi.com – Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono masih meminjam satu mobil kepresidenan. Hingga kini, mobil itu belum dikembalikan.

“Jadi dipinjamkan oleh negara. Memang menurut aturan setiap mantan presiden dan mantan wakil presiden diberikan bantuan rumah, mobil plus sopir, pengawal dan biaya kesehatan,” kata Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala saat dikonfirmasi

Djumala menjelaskan, ada tujuh mobil yang tersedia untuk digunakan presiden dan wakil presiden. Satu mobil dipinjamkan kepada SBY.Metrotvnews.com, Selasa 21 Maret 2017.

“Karena saat itu baru selesai serah terima beliau masih butuh mobil,” jelas Djumala. Dia mengaku, beberapa minggu lalu, pihak SBY menyatakan komitmen untuk mengembalikan mobil. Surat menyurat sedang diproses.

Mobil Jokowi Mogok

Mercedez-Benz S600 Pullman Guard yang menjadi mobil kepresidenan Jokowi sedang menjadi perbincangan. Mobil ini punya segudang spesifikasi yang mentereng. Dia mampu menahan serangan seperti granat tangan, senjata standar, dan peledak ringan lainnya.

Namun, masalah umur tak bisa dibohongi. Kendaraan itu mogok ketika mengantar Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi kunjungan kerja di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu 18 Maret.

Kala itu, seusai meresmikan PLTG Mempawah, Jokowi dan Ibu Negara berencana makan siang di salah satu rumah makan, sebelum kembali ke Jakarta. Setelah 30 menit perjalanan, mobil asal pabrikan Jerman itu berhenti tiba-tiba.

Saat itu rombongan lain yang berada di belakang mobil Jokowi sempat kebingungan. Pasalnya, kebiasaan Jokowi, mobil yang membawanya akan berhenti saat ada kerumunan massa untuk sekadar bersalaman ataupun sekedar membagi buku dan peralatan sekolah.

Fitur wajib mobil Presiden RI

1. Anti Peluru dan Ledakan

Resiko jadi orang nomor satu di Indonesia, adalah harus punya perlindungan khusus apalagi dari tangan orang-orang yang tidak menyukai Presiden terpilih. Nah mobil Presiden ini harus punya bodi lapis baja yang super keras dan mampu melindungi penumpang yang anti peluru dan juga granat. Apalagi di bagian kaca mobil Presiden punya ketebalan kaca polikarbonat yang tahan serang.

2. Ban Tahan Bocor

Mobil Presiden juga harus terus melaju jika belum sampai ke tempat pertemuan saat dinas. Jadi untuk mencegah mobil dinas Presiden tiba-tiba bermasalah seperti terkena ranjau paku dan membuat ban bocor, Mercy S600 Pullman Guard masih sanggup melaju hingga 60 km tanpa udara di bagian ban. Dalam kondisi darurat, tentu saja mobil tidak akan mudah terbalik karena rawannya kehilangan kendali handling saat ban bocor.

3. Tangki Bahan Bakar

Biar nggak bolak-balik mampir ke pom bensin, kapasitas tangki bahan bakar mobil Presiden harus besar. Apalagi mobil yang dipakai Presiden sekarang sanggup menampung bensin hingga 90 liter. Ditambah ada sistem keamanan pada tangki bahan bakar dengan hadirnya sistem kendali kebakaran dan mampu mengunci penyebaran api. Misalnya mobil terkena ledakan granat, sistem bakal bekerja dan mengantisipasi api yang bakal menyambar tangki dan nggak mudah terbakar.

4. Kaca Depan dan Jendela

Nggak cuma anti peluru, kaca depan dan jendela harus tahan panas dan fitur power window yang bisa menutup dengan cepat untuk jaga-jaga seandainya ada serangan langsung dari jendela. Ada juga fitur adjustable doorhold system di setiap pintu untuk memudahkan para penumpang buat masuk dan keluar mobil dengan cepat.

5. Night View Assist System

Fitur ini bisa langsung dirasakan penumpang pas di dalam kabin. Presiden bisa langsung memantau kondisi yang ada di luar mobil meskipun penerangan cukup gelap. Pencahayaan tidak akan menjadi hambatan karena sudut pantau dari dalam mobil tidak akan berkurang.

6. Mesin

Mercedes-Benz S600 Pullman Guard punya mesin V12 berkapasitas 5.5 liter. MEsin ini didukung oleh Twin Turbo sehingga sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 517 daya kuda. Torsinya yang mencapai 830 Nm, mampu mengakomodasi bobot mobil ini yang sangat berat karena segudang fitur yang menyelimuti bodinya.

(sayed/rizal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.