Dubes Arab Saudi : Terorisme Tidak Mewakili Agama Apapun

Dubes Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi sewaktu mengunjungi Mabes Polri. Dalam foto dengan Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin dan Kepala Baintelkam Polri Komjen Polisi Lutfhi Lubianto (Foto Jawa Pos)

JAKARTA, kabarpolisi.com – Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, menegaskan bahwa gagasan dan praktik terorisme yang mengancam nilai-nilai kemanusiaan tidak merepresentasikan agama apa pun terutama Islam.

Menurut Osama, semua agama, apalagi Islam, justru mendorong implementasi nilai-nilai yang menghargai kemanusiaan dan semesta.

“Terorisme tidak merepresentasikan agama mana pun, terutama Islam,” katanya saat memberi kuliah umum di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah pada Selasa (6/6/2017).

Islam, kata Dubes Arab Saudi ini tidak mengajarkan kepada umatnya untuk berbuat kerusakan. ” Sesuai dengan nama Islam itu sendiri yang berarti damai, ajarannya berisi pesan-pesan keselamatan dan perdamaian. Islam tidak mengajarkan kepada umatnya untuk berbuat kerusakan,” kata Osama.

Dia melanjutkan, seperti mengucap salam, pesan yang terkandung adalah umat muslim diharuskan menyebar kedamaian kepada siapa pun dan di mana pun. “Begitu pula dalam Alquran dan Sunnah, tidak ada perintah merusak dan berbuat kejahatan,” dia menambahkan.

Dalam situs resmi UIN Jakarta, menjelaskan Pemerintah Arab Saudi berupaya keras memerangi terorisme dalam berbagai bidang sebab secara hukum terorisme dan radikalisme telah dinyatakan sebagai hal terlarang.

Sedangkan secara dakwah dan pemikiran, lanjutnya, Kerajaan Arab Saudi juga mensponsori lembaga yang berkomitmen melakukan deradikalisasi di seluruh dunia.

Osama juga menegaskan bahwa di bidang kemasyarakatan, Kerajaan Arab Saudi berupaya keras melawan kemiskinan dan melakukan pemberdayaan manusia dan keluarga mantan pelaku dan korban teroris.

Selanjutnya, dari sisi keamanan, Arab Saudi memperkuat internal pemerintahannya sekaligus juga membentuk dan memperkuat aliansi keamanan melawan terorisme dan radikalisme (Pery)

BACA JUGA  Pimpin Rakernis, Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho: Minta Jajaran Jaga Kepercayaan Masyarakat ke Polri

Editor : Sayed Junaidi Rizaldi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.