Hadapi Haris Azhar, LBP Pilih Jalur Pengadilan

  • Bagikan

Luhut Binsar Panjaitan

Jakarta – Proses mediasi antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dengan Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti, batal digelar hari ini.

Sebab, Haris Azhar maupun Fatia tidak menghadiri proses mediasi di Markas Polda Metro Jaya.

Luhut Binsar didampingi kuasa hukumnya, Juniver Girsang, sudah hadir di Mapolda Metro Jaya, Senin pagi.

Namun, Haris dan Fatia KontraS selaku kubu terlapor tidak menghadiri mediasi tersebut.

ADVERTISEMENT

Lantas bagaimana tanggapan Luhut Binsar?

Pensiunan TNI berpangkat jenderal itu mengatakan sebenarnya agenda mediasi telah disampaikan pada pekan lalu. Hanya saja, Luhut berhalangan hadir karena berdinas di luar negeri.

“Diundang untuk mediasi sebenarnya kalau enggak keliru itu minggu lalu, tetapi saya ke luar negeri,” kata Luhut Binsar di Mapolda Metro Jaya.

Mantan duta besar Indonesia untuk Singapura itu mengatakan mediasi hari ini harus batal karena Haris Azhar dan Fatia tidak hadir. Oleh karena itu, Luhut Binsar menegaskan, sebaiknya bertemu di pengadilan saja.

Mediasi antara Luhut Binsar Panjaitan dengan Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti, batal. Ini penyebabnya.

“Saya pikir lebih bagus ketemu di pengadilan saja. Yang penting saya sudah datang pada mediasi, tetapi Saudara Haris tidak datang,” kata Luhut Binsar.

Mantan menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan, itu memastikan mediasi sebagai upaya menyelesaikan kasus itu dengan Haris dan Fatia harus tutup buku pada hari ini.

“Mediasi tidak usah (lagi, red),” tegas Luhut Binsar.

Sebelumnya, kuasa hukum Fatia, Nelson Nikodemus Simamora, mengungkapkan kliennya sudah mendapat undangan mediasi yang yang akan dilaksanakan pekan depan.

Hanya saja, Nelson menyatakan Fatia sedang berada di luar kota sehingga tidak bisa memenuhi undangan itu.

“Sepertinya akan ditunda, Sepertinya akan ditunda, karena kali ini pihak Fatia berhalangan hadir,” kata Nelson.

Pihak Fatia pun mengirim pemberitahuan lisan kepada penyidik Polda Metro Jaya perihal ketidakhadirannya pada pertemuan mediasi.

Selain itu, kubu Fatia juga mengajukan permohonan penjadwalan ulang mediasi dengan Luhut.

Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya pada 22 September 2021. Laporan itu didasar video berjudul ‘Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya’ yang diunggah akun Haris Azhar di YouTube. (cr3/jpnn)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *