Hut Bhayangkara, Kapolri Kukuhkan Kenaikan Pangkat Perwira Tinggi Hingga Perwira Pertama

Kabarpolisi.com -Jelang HUT Ke-76 Bhayangkara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan kenaikan pangkat 15 perwira tinggi (Pati) Polri setingkat lebih tinggi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022).

 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan ada 15 perwira tinggi Polri yang mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi.

 

Adapun delapan orang di antaranya dari Komisaris Besar (Kombes) menjadi jenderal baru alias Brigadir Jenderal (Brigjen) di Korps Bhayangkara.

 

“Untuk Pati Polri ada 15, kemudian rinciannya satu Komjen ini pak Dankorbrimob kemudian enam Irjen atau pati bintang dua, kemudian delapan Brigjen,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu (29/6/2022).

 

Ia menyebutkan Kapolri juga menaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi terhadap 110 perwira menengah (Pamen) Polri menjadi Komisaris Besar (Kombes).

 

Berikutnya, ada 443 perwira lain yang menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) dan 303 lainnya kini berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

 

Di kalangan perwira pertama, total saat ini ada 572 Inspektur Satu (Iptu) dan 597 Inspektur Dua (Ipda) yang dilantik Kapolri.

 

Pada kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo juga menaikkan pangkat dua pegawai negeri sipil (PNS) di Polri menjadi golongan 4 atau setara Brigadir Jenderal (Brigjen).

 

Kenaikan golongan ini merupakan kali pertama dalam sejarah Polri.

 

“Ini pertama kali dalam sejarah Polri, pada hari ini Bapak Kapolri juga korps rapor kenaikan pangkat PNS Polri, yaitu golongan 4 atau setingkat bintang satu,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (29/6/2022).

 

Dedi menjelaskan, dua PNS itu adalah dokter spesialis THT Jozyta Rachman dan dokter spesialis kesehatan jiwa Witri Narhadiningsih.

BACA JUGA  Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J, Kapolri: Dia yang Perintahkan Bharada E

 

“Untuk namanya nih dokter perempuan semua ya, yaitu dokter Jozyta Rachman spesialis THT, kemudian dokter Witri Narhadiningsih, spesialis kesehatan jiwa,” ujar dia.

Selain itu, Dedi mengatakan Kapolri juga melantik peresmian pangkat ratusan perwira tinggi (pati) perwira menengah (pamen), perwira pertama di lingkungan Korps Bhayangkara.

Salah satu pati yang dinaikkan pangkatnya yakni seorang polisi wanita (polwan) Irjen Juansih.

“Termasuk tadi pengukuhan untuk kenaikan pangkat Irjen Pol Juansih, polwan dengan pangkat bintang dua,” ujarnya.

Mutasi 3 Kapolda dan 121 Kapolres

Sebelumnya Tiga Kapolda dan 121 orang Kapolres masuk dalam daftar mutasi terbaru yang dikeluarkan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Mutasi dan rotasi perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri ini ditetapkan dalam lima telegram rahasia (TR), yakni NOMOR: ST/1213/VI/KEP./2022,

NOMOR: ST/1214/VI/KEP./2022,

NOMOR: ST/1215/VI/KEP./2022,

NOMOR: ST/1216/VI/KEP./2022,

NOMOR: ST/1217/VI/KEP./2022.

Dalam daftar mutasi terbaru tersebut termasuk Kabag Penum Divisi Humas Polri, Karo Multimedia Divisi Humas Polri.

Rotasi dan mutasi ratusan perwira di jajaran Polri ini ditetapkan oleh Kapolri pada 20 Juni 2022 kemarin.

Adapun tiga kapolda yang dirotasi dan mutasi yakni Kapolda Papua Barat, Kapolda Lampung dan Kapolda Gorontalo.

Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing akan dimutasi menjadi Wairwasum Polri.

Sebagai penggantinya yaitu, Irjen Daniel Tahi Silitonga.

Kapolda Lampung akan diisi oleh Irjen Akhmad Wiyagus yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.

Sementara Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno akan ditempatkan ke luar struktur di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menempati Kapolda Gorontalo adalah Irjen Helmi Santika yang saat ini menjabat sebagai salah satu Korsahli Kapolri.

Kemudian Kabag Penum Divisi Humas Polri akan diisi oleh Kombes Pol Nurul Azizah.

BACA JUGA  Sulawesi Selatan Masuk Zona Darurat Narkoba, Kapolda Nana Sudjana Tegas

 

Kombes Pol Nurul Azizah sebelumnya menjabat sebagai Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

 

“Untuk jabatan Kabag Penum adalah Pak Kapolri memercayakan seorang polwan, jadi polwan berpromosi menjadi Kabag Penum,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/6/2022) seperti yang dikutip dari Kompas.com.

 

Berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/1214/VI/KEP./2022 tanggal 20 Juni 2022, posisi Kabag Penum Divisi Humas Polri akan diisi oleh Kombes Pol Nurul Azizah.

 

Dalam TR tersebut, Kombes Pol Nurul Azizah sebelumnya menjabat sebagai Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

 

“Satu orang polwan promosi menjadi Kabagpenum, Kombes Nurul Azizah,” ucap Dedi.

 

Ia juga mengatakan, Kombes Gatot Repli Handoko yang saat ini menjabat Kabag Penum Divisi Humas Polri akan dimutasi dan dinaikkan pangkatnya menjadi brigadir jenderal (brigjen) atau jenderal bintang satu.

 

Gatot akan menjadi Kepala Biro (Karo) Multimedia (Mulmed) Divisi Humas Polri.

 

“Kabag Penum juga pindah beliau promosi bintang satu beliau,” ucap dia.

 

Ada juga 121 kapolres yang dimutasi, kemudian satu polwan mendapat promosi jenderal bintang dua.

 

Lalu, dua polwan dapat promosi pangkat komisaris besar (kombes).

 

“TR mutasi merupakan hal alamiah dalam organisasi tour of duty dan tour of area serta penyegaran organisasi. Dilakukan peningkatan performance kinerja kepolisian,” ucap Dedi.

 

 

Source : Bangkapos

 

 

Editor : Abil Muhari

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.