ICW Dukung KPK Umumkan M Suryo Tersangka untuk Tepis Adanya Intervensi Kapolda Metro Jaya

Suasana Gedung KPK Merah Putih, Jakarta Selatan.

Kabarpolisi.Com – Jakarta, Indonesia Corruption Watch (ICW) menyarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengumumkan pengusaha asal Yogyakarta Muhammad Suryo sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub).

ICW menilai, pengumuman tersangka ini penting guna menepis isu adanya intervensi dari Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dalam penetapan Suryo sebagai tersangka.

Sederhananya, pengumuman tersangka kepada publik ini juga dilakukan guna menepis adanya intervensi dan saling kunci kasus antara Kapolda Metro Jaya dan Ketua KPK nonaktif Firli Bahuri,” ujar Peneliti ICW Diky Anandya dalam keterangannya, Kamis (14/12/2023).

Apalagi, kata Dicky, sejumlah fakta persidangan telah membuat terang adanya keterlibatan Suryo dalam kasus ini. Dalam dakwaan perkara korupsi ini, Suryo disebut menerima sleeping fee sebesar Rp9,5 miliar dari yang dijanjikan Rp11,2 miliar.

Secara umum, jika memang dalam fakta persidangan disebutkan bahwa ada terduga pelaku lain yang terlibat dalam kasus korupsi Proyek Jalur Kereta Api di DJKA Kemenhub, maka ICW mendorong agar KPK segera mengungkapnya ke publik dalam kerangka pengembangan kasus tersebut,” kata dia.

Menurut Dicky, pengumuman status tersangka terhadap Suryo merupakan satu kewajiban KPK yang diatur dalam Pasal 5 UU KPK.

“Bahwa kinerja KPK harus didasarkan pada asas kepastian hukum, keterbukaan dan akuntabilitas,” kata dia.

Sebelumnya, dalam sidang gugatan praperadilan yang diajukan Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri mengungkap sejumlah hal. Firli diketahui menggugat Polda Metro Jaya karena tak terima dijerat tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo alias SYL. ( Tim – Red )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.