Jelang Arus Mudik, Nizar Zahro Desak Kementerian Tingkatkan Koordinasi

Nizar Zuhro

JAKARTA, kabarpolisi.com– Komisi V meminta kementerian perhubungan, Kementerian PU dan kepolisian untuk intens berkoordinasi jelang arus mudik lebaran. Koordinasi ini penting agar saat arus mudik lebaran, tidak terjadi peristiwa seperti arus mudik tahun sebelumnya yakni Brebes exit.

“Kemenhub ini bertanggung jawab dalam moda transportasinya, sedangkan kementerian PU bertanggung jawab terhadap kesiapan infrastruktur jalannya dan pihak kepolisian bertanggung jawab dalam ketertiban pemudik di jalan raya. Mereka harus intens berkoordinasi,” kata Moh. Nizar Zahro Anggota Komisi V DPR RI, saat menyampaikan materinya dalam seminar Nasional di Jakarta, Kamis (10/5).

Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini menambahkan dalam UUU 1946 pasal 34 Ayat 3 dinyatakan bahwa : “Negara bertanggung jawab atas tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat dan fasilitas pelayanan umum sesuai harkat kemanusiaan,”.

Karenanya, lanjut Nizar, jika fasilitas pelayanan umum seperti jalan dan transportasi, tidak nyaman dan aman saat arus mudik kebaran maka itu merupakan bentuk kegalalan dari pemerintah.

“Apalagi terjadi kecelakaan. Pada arus mudik tahun 2016 lalu, korban meninggal dunia dalam kecelakaan mencapai 244 korban. Angka ini masih terbilang tinggi. Kami minta kepada pihak – pihak terkait agar diminimalisir. Kalau bisa zero accident,” paparnya.

Selain itu, Nizar juga mengharapkan agar kejadian kecelakaan di Puncak Bogor beberapa waktu lalu dan melibatkan bus pariwisata ilegal, untuk dijadikan pelajaran. Sebab, tidak menutup kemungkinan jelang arus mudik lebaran, muncul bus-bus dadakan yang ilegal akibat membludaknya penumpang.

“Maka kami minta juga ke kemenhub untuk benar benar menertibkan bus bus yang ilegal. Kepada masyarakat, jangan mau untuk di iming – imingi harga murah. Prioritas keselamatan tetap harus menjadi yang utama,” pungkas politisi dari dapil Jatim XI (Madura) ini. (ceko)

BACA JUGA  Polisi Tutup Tambang Ilegal di Gunung Merapi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.