Kapolda Sumbar Minta Bantuan Sosial Terkait Covid -19 Diawasi Ketat

  • Bagikan

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra sedang menyampaikan sambutan pada FGD Kolaborasi Bantuan Sosial di Mapolda Sumbar, Kamis (6/10). (Foto : Humas Polda Sumbar)

PADANG – Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH. S.Ik meminta pengawasan ketat dalam penyaluran bantuan sosial yang terkait dengan pemulihan ekonomi masa pandemi.

Dalam pengarahannya pada pembukaan Fokus Grup Discusion (FGD) Kolaborasi Pengawasan Bantuan Sosial di Provinsi Sumbar, Kamis, (6/10), Irjen Pol Teddy Minahasa Putra menegaskan tiga prioritas pengawasan.

Kapolda Irjen Teddy Minahasa Putra foto bersama dengan peserta FGD. (FOTO : Humas Polda Sumbar)

“Ketiga pengawasan itu, adalah meyakinkan penerimaan bansos tepat sasaran, tidak tumpang tindih serta tidak adanya pemotongan anggaran,” kata mantan Kapolda Banten ini di Mapolda Sumbar.

FGD diikuti diikuti jajaran Pemprov Sumbar, Kejaksaan Tinggi Sumbar, Bulog Sumbar, dan Pejabat Utama Polda Sumbar.

Menurut Irjen Teddy, problematika dalam penyaluran bansos terkait pandemi Covid -19 adalah tidak tepat sasaran penerima bansos.

Kemudian, lanjutnya, terjadi pengurangan jumlah nominal bantuan sampai ke tangan penerima bansos sampai tidak tersalurnya bantuan tersebut kepada masyatakat.

“Terakhir adalah kemungkinan terjadinya praktik korupsi terhadap bantuan sosial tersebut,” papar Jenderal polisi bintang dua ini.

Padahal, kata Irjen Teddy lagi, skenario bantuan sosial yang telah dirancang oleh pemerintah adalah bertujuan menstabilisasi perekonomian masyarakat yang terkena dampak pandemi.

“Oleh sebab itu, melalui kegiatan FGD ini, kita berharap semua pihak dapat ikut serta meningkatkan pengawasan terhadap penyaluran bansos kepada masyarakat,” ucap Irjen Pol Teddy.

Kapolda Sumbar ini mengingatkan dalam penyaluran bantuan sosial agar memiliki data terpadu yang valid dan mutakhir.

Selanjutnya, penyaluran bansos juga bebas dari interes atau kepentingan politik tertentu.

BACA JUGA  Perintah Menkominfo Kepada Google dan Apple, Blokir Pinjaman Online

“Terakhir, dalam penyaluran bansos juga harus harus transparan dan akuntibilitas,” tegasnya.

Kapolda juga mengucapkan terima kasih, dan penghargaan kepada panitia pelaksana yang telah mempersiapkan penyelenggaraan FGD Biro Logistik Polda Sumbar dengan baik.

“Kepada para peserta saya ucapkan selamat mengikuti FGD ini, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses dalam mencapai tujuan sebagaimana yang kita harapkan,” pungkasnya. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *